Search

7 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Buah yang memiliki nama latin Achras Sapota L, juga telah di kenal diseluruh dunia dengan beragam sebutan seperti bahasa Inggris, sawo disebut sapodilla, chikoo, atau sapota. Buah sawo memiliki kandungan mineral pas baik. Buah ini adalah sumber kalium yang baik, yakni 193 mg/100 g. Di lain pihak, sawo juga punyai kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium serta natrium yang mencapai 16 : 1 membuat sawo begitu baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Selain kaya kalium, sawo juga mengandung sejumlah mineral penting yang lain. Kandungan mineral yang lain per 100 gr buah sawo yaitu : kalsium (21 mg), magnesium (12 mg), fosfor (12 mg), selenium (0, 6 mg), seng (0, 1 mg), dan tembaga (0, 09 mg).

Sawo juga kaya akan vitamin C, yakni 14, 7 mg/100 g. Konsumsi 100 gr sawo bisa memenuhi 24, 5 % kebutuhan badan akan vitamin C setiap hari. Vitamin C bisa bereaksi dengan berbagai mineral di dalam badan. Vitamin C berperan penting dalam metabolisme tembaga.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C juga dapat berinteraksi dengan berbagai vitamin lain, seperti vitamin E yang berperan sebagai anti-oksidan.
Buah sawo juga memiliki kandungan asam folat, 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan badan untuk pembentukan sel darah merah. Asam folat juga dapat membantu pencegahan terbentuknya homosistein yang begitu berbahaya untuk kesehatan.

7 Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan :

1. Mencegah Kanker Usus

Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Lantaran dapat menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

2. Mengobat Wasir dan Diare

Buah sawo memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi, mengandung anti-oksidan dan senyawa poli-fenolik. Tanin diketahui punyai anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi serta anti-bakteri. Hal inilah yang membuat buah sawo baik untuk penderita wasir dan diare.

3. Pencegahan Infeksi

Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberi perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan pencegahan infeksi.

4. Mengobati Disentri

Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda dapat mengobati sakit disentri, yakni dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan lalu di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali 1 hari.

5. Mengobat Radang Mulut

Daunnya dapat juga di gunakan sebagai obat radang mulut, langkahnya yaitu dengan mengambil daun sawo, cuci bersih lalu rebuslah selama 10 menit, lalu gunakan airnya untuk berkumur kumur.

6. Memperlancar Pencernaan

Baik untuk pencernaan di dalam usus karena memiliki kandungan zat yang bernama inflamasi.

7. Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo bisa meningkatkan daya tahan badan ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit beresiko.

  • Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dihadapi oleh para ibu hamil.
  • Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.

Itulah 7 manfaat buah sawo bagi kesehatan. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna ya.

Written by 

Related posts