Search

Beberapa Manfaat Daun Sirsak dan Cara Pengobatannya

AlikaNews.Com – MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN

Daun sirsak kaya akan beberapa senyawa termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan sejenisnya. Dengan demikian, daun sirsak memiliki sifat obat yang membuatnya dapat digunakan sebagai bahan dalam beberapa produk kesehatan herbal. Manfaat kesehatan dari daun sirsak adalah sebagai berikut:

1. PENGOBATAN KANKER

Manfaat daun sirsak yaitu dapat menghambat sel kanker dan menyembuhkan kanker lebih cepat dan lebih efektif daripada kemoterapi yang bisa menyebabkan beberapa efek samping. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10 ribu kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara .

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan kanker, rebuslah 10 daun sirsak dalam takaran 3 gelas air sampai menjadi satu cangkir air saja, saring, kemudian dinginkan dan minum ramuan ini setiap pagi selama 3 sampai 4 minggu untuk mendapat khasiat air rebusan daun sirsak. Khasiat daun sirsak sebagai pengobatan kanker adalah salah satu obat yang paling ampuh sampai saat ini.

2. PENGOBATAN ASAM URAT

Memakan daun sirsak dapat membantu dalam mengobati asam urat. Bahkan, banyak obat-obatan alternatif yang menggunakan daun sirsak sebagai bahan dasar untuk pengobatan asam urat.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan asam urat, ambil 6 sampai 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tapi masih hijau segar, lalu cuci sampai bersih. Rebus daun sirsak dalam takaran 2 gelas air dan didihkan sampai mendapatkan satu cangkir air rebusan daun sirsak. Ramuan ini harus diminum dua kali sehari yaitu saat pagi dan sore hari untuk mendapatkan manfaat daun sirsak secara maksimal.

3. PENGOBATAN NYERI PUNGGUNG

Nyeri punggung sering terjadi ketika beraktivitas, misalnya saja saat atau setelah berolahraga. Penggunaan obat kimia untuk sakit punggung dapat menyebabkan efek samping. Daun sirsak merupakan obat herbal yang efektif untuk mengobati nyeri punggung tanpa efek negatif.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan nyeri punggung, rebuslah 20 lembar daun sirsak dalam takaran 5 gelas air hingga hanya 3 gelas air rebusan daun sirsak yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirsak.

4. PENGOBATAN REMATIK

Penyakit rematik umumnya terjadi pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Daun sirsak adalah pengobatan alami untuk sakit radang sendi.

Pengobatan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai pengobatan rematik, haluskan daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang terkena nyeri akibat arthritis dan eksim secara teratur dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. PENGOBATAN DIABETES

Batas kadar gula normal manusia yaitu berkisar 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi dalam daun sirsak diyakini menstabilkan kadar gula darah dalam kisaran normal. Selain itu, ekstrak daun sirsak dapat digunakan sebagai salah satu solusi diabetes secara alami. Hal ini membuat daun sirsak bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH DAN MENCEGAH INFEKSI

Kandungan gizi daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi di dalam tubuh.

Penggunaan:

Untuk mendapat khasiat daun sirsak sebagai untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi, rebuslah sekitar 4 atau 5 daun sirsak dengan takaran 4 gelas air sampai tersisa air satu gelas dan minum ramuan ini secara teratur sekali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat daun sirsak.

Written by 

Related posts