Search

Hasil Piala Asia U-16 : Indonesia vs Australia 2-3

Alikanews.com – Indonesia mesti tunda mimpi untuk tampil di Piala Dunia U-17 selepas menelan kekalahan 3-2 dari Australia dalam pertandingan perempat-final Piala Asia U-16 2018 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Hari senin (1/10) sore WIB.

Desakan deras langsung dilancarkan Australia semenjak awal permainan serta hampir buka kelebihan ketika pertandingan belumlah genap dua menit, saat tendangan Luke Duzel mengenai tiang gawang. Duzel juga yang kembali menyebar ancaman delapan menit berselang, mujur ada penyelamatan apik Ernando Ari.

Setelah itu, perlahan-lahan Indonesia dapat keluar dari desakan serta malahan mengagetkan Australia saat Sutan Zico membobol gawang Adam Pavlesic di menit ke-17. Gol itu hadir tidak terlepas dari kesalahan barisan pertahanan Australia yang membiarkan bola dalam perebutan Zico.

Mochamad Yudha Febrian mempunyai kans untuk melipatgandakan kelebihan lewat eksekusi sepakan bebas jarak jauh. Sayang, tendangan kaki kiri keras yang dilepaskan sang defender kiri Indonesia masih melaju ke kiri gawang Australia.

Masuk lima menit akhir, Ernando kembali tunjukkan kelasnya dengan mementahkan kans sayap Australia, Jordan Bos dalam keadaan satu lawan satu. Dalam periode ini, Mochammad Supriadi juga seringkali menjadikan posisi belakang Australia kerepotan melawan kecepatannya.

Di awal babak ke-2, Australia sukses mengoptimalkan formasi bola mati untuk menyamai posisi. Daniel Walsh yang mempunyai postur badan tinggi tiada kesusahan menanduk bola hasil eksekusi sepakan bebas yang dilancarkan oleh Birkan Kirdar di menit ke-53.

Momen positif diteruskan Australia, Noah Botic miliki kans menuliskan nama di papan score di menit ke-62 namun digagalkan tiang gawang. Tiga menit berselang, baru Australia mengubah score melalui penetrasi Adam Leombruno yang disudahi dengan penyelesaian akhir dingin.

Konsentrasi menguber ketinggalan menjadikan barisan pertahanan Indonesia kembali tunjukkan celah. Menit ke-73, Noah Botic lakukan penetrasi dari bagian kiri serta sudah sempat mengelabui penjagaan Komang Teguh Trisnanda sebelum menjebloskan bola ke sudut kiri bawah gawang Ernando.

Skuad Fakhri Husaini tunjukkan semangat tidak mudah menyerah serta sukses menipiskan score karena sontekan Rendy Juliansyah yang masuk di babak ke-2. Gol itu menjadikan kepribadian Indonesia bertambah serta selalu mendobrak pertahanan Australia, tetapi score 3-2 bertahan sampai pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini Australia memiliki hak mewakili Asia untuk tampil dalam Piala Dunia U-17 tahun depan di Peru, menyusul Jepang serta Tajikistan. Satu ticket tersisa akan diperebutkan Korea Selatan serta India yang berlaga pada hari yang sama.

 

Written by 

Related posts