Search

Mari Kenali Gejala Kanker Paru Sebelum Terlambat

Alikanews.com – Kanker dapat jadi permasalahan besar bila anyar ketahuan pada stadium imbuh, termasuk juga kanker paru. Nah sebelumnya terlambat hingga mengakibatkan kanker jadi tambah kronis, yuk ketahui tanda-tanda kanker paru.

Baginya dr Elisna Syahruddin, PhD, SpP (K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI), mengetahui tanda-tanda kanker paru dapat diliat dari empat hal. Hal pertama yaitu batuk yang dimainkan lama sebagaimana kian lebih dua hari minggu.

” Tanda-tanda yang lain yaitu nyeri di dada, sesak di dada serta batuk darah, ” kata dr Elisna pada detikHealth di sela-sela acara Kampanye Kepedulian Kanker Paru di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang Village, Jakarta Selatan, beberapa waktu terakhir.

Baca juga : Ujar Dokter Masalah Kaitan Asap Dapur dengan Resiko Kanker Paru

Nah bagaimana caranya membedakan tanda-tanda kanker paru dengan tanda-tanda sakit umum? Ia mengatakan untuk membedakannya, hal itu dapat diliat dari kisah seorang apakah termasuk juga grup orang yang berisiko atau tak.

dr Elisna memberikan tanda-tanda kanker pada perokok aktif serta pasif tak ada bedanya cuma saja yang membedakan gejalanya yaitu tempat kanker paru itu.

” Paru-paru kan luas jadi umpamanya kanker di salauran napas pasti menjepit jadi gejalanya ia bakal sesak napas. Bila di dinding paru tentu dadanya bakal merasa nyeri, ” tambah Elisna yang praktek di RSUP Persahabatan ini.

Oleh karenanya, ia merekomendasikan pada kebanyakan orang terutama grup orang yang berisiko lakukan kontrol kesehatan paru minimum satu tahun sekali. Pemeriksaannya juga mesti dikerjakan teratur serta tak cuma dengan photo rontgen saja tetapi juga berkonsultasi ke dokter paru.

” Janganlah nunggu tanda-tanda anyar ke dokter. Namun sebelumnya ada tanda-tanda, ” pungkas dr Elisna.

Written by 

Related posts