Search

Dikunjungi Jutaan Turis, Bali Sudah Overload

Alikanews.com (Travel) – Pesona Bali mendunia semenjak lama. Tidak mengherankan bila turis mancanegara beramai-ramai berlibur ke Bali, jumlahnya juga meraih jutaan serta berlebihan.

Dari 20 juta tujuan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia tahun 2019, 40%-nya diinginkan masuk lewat Bali. Sampai Desember 2016, wisman yang bertandang ke Bali sudah meraih angka 4, 5 juta. Meskipun banyak, angka ini masih mesti ditingkatkan sampai 8 juta tahun 2019, walaupun Bali sendiri dapat disebut telah overload.

” Kini ini dengan keadaan yang ada, kunjungan tahun ini telah 4, 5 juta. Itu artinya anyar setengahnya, namun kita ketahui keadaan ini telah crowded, ” kata Kadispar Badung Cok Raka Darmawan, dalam Grand Opening Fame Hotel Sunset Road Kuta Bali di Bali, Hari minggu (18/12/2016).

4, 5 juta itu anyar turis mancanegara saja. Untuk turis lokal, jumlahnya semakin banyak lagi.

” Domestik meraih angka 7 juta. Bila ditotal ada 11 juta wisatawan ke Bali. Angka yang tak sedikit, ” katanya.

Ia berujar peningkatan jumlah wisatawan semestinya diikuti juga dengan pengembangan bandara dan dermaga, untuk turis yang datang melalui jalur laut. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sendiri memanglah sudah direnovasi, namun kadangkala kemampuannya juga tidak pas menyimpan wisatawan.

” 4, 5 juta masih dapat diperkembang dengan catatan. Kini telah over capacity. Bandara telah direnovasi, cuma saja capacity menyimpan penumpang serta pesawat telah over, ” ucapnya.

Lainnya itu, pariwisata juga pengembangannya belum rata. Sampai kini masih terpusat di lokasi Bali selatan, termasuk juga Kabupaten Badung. Kunjungan wisatawan masih semakin banyak, jumlah hotel juga demikian.

” Bali mungkin saja meraih sekitaran 110-120 ribu kamar. Sementara 70%-nya ada di Badung. Badung ini 70 ribu kamar lebih kurang, ” ujarnya.

Sedangkan itu, Pajak Hotel serta Restoran (PHR) Kabupaten Badung sudah meraih sekitaran Rp 2, 3 triliun. Dari pajak ini lalu dipakai untuk bangun infrastruktur serta pelihara tempat wisata, dan sebagian prosentasenya diberikan pada kabupaten lain di Bali untuk menolong pelihara tempat wisata.

” 15-22% PHR disumbangkan ke 6 kabupaten yang lain di Bali. Tahun ini sekitar Rp 300 miliar, untuk pemerintah kabupaten lain pelihara destinasi, ” katanya

Written by 

Related posts