Search

Penyebab Rambut Rontok Berkepanjangan Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Masalah ini sering muncul terutama sering kali di hadapi oleh kaum wanita. Sangat banyak yang mengeluh lantaran rambutnya mengalami kerontokan, Ada banyak hal yang menyebabkan rambut rontok ini. Siklus anagen yaitu rutinitas pertumbuhan rambut yang biasanya berlangsung 2 sampai 8 tahun, dan sekitar 90% rambut manusia dalam rutinitas ini.

Pada fase transisi Catagen biasanya siklus yang biasanya berlangsung 2-3 minggu. Pada tahap catagen, folikel rambut–rambut akan menciut. siklus telogen berlangsung 2 sampai 4 bulan. Pada fase telogen, pertumbuhan rambut akan berhenti. Tetapi, pada umumnya, rambut akan tumbuh 12-15 cm dalam waktu 1 tahun.

Nah, berikut akan kami jelaskan penyebab rambut rontok berkepanjangan yang perlu anda ketahui :

1. Genetik

Jika anda mengalami rambut rontok setiap hari??? Coba tanyakan pada keluarga anda, apakah nenek??, ibu??, atau saudara??? juga mengalami hal yang sama??. Bila demikian, Anda mungkin memiliki masalah dengan kelainan genetik yang di kenal sebagai androgenetic alopecia.

Selain itu, dapat secara klinis didiagnosis dengan melihat dari keadaan bagian folikel rambut. Pada wanita yang mengalami ini, folikel rambut dapat menjadi terlihat menyusut. Masalah ini biasanya muncul pada usia 50 sampai 60 tahun, namun tidak menutup kemungkinan muncul pada usia remaja.

2. Penyakit

Rambut menipis sering disebabkan oleh beberapa penyakit atau kondisi kesehatan, seperti gangguan kelenjar tiroid, masa kehamilan, dan jumlah darah rendah (anemia). Selain itu, beberapa penyakit autoimun, seperti psoriasis dan dermatitis seborrhoic, juga penyakit sindrom ovarium polikistik (PCOS).

3. Manipulasi Rambut

Mengikat atau mengepang rambut terlalu kencang bisa menyebabkan munculnya alopecia traksi. Traction alopecia bisa menyebabkan rambut semakin rontok.
Beberapa manipulasi lain yang bisa membawa dampak rambut rontok yaitu pewarnaan rambut, mencatok dan menggunakan pengering rambut (hair dryer), serta menggunakan bahan kimia lainya dapat juga memperparah rambut rontok.

4. Penyebab Lain

Dalam keadaan stres, shock fisik setelah operasi atau penyakit yang ekstrim, mengalami penurunan berat badan yang berlebihan, dan konsumsi berlebihan vitamin A bisa pula menyebabkan kebotakan. Biasanya rambut mungkin rontok dari beberapa minggu hingga enam bulan setelah kejadian.

Demikian penyebab rambut rontok berkepanjangan yang perlu anda ketahui. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna ya.

Written by 

Related posts