Search

Pria Asal Solo Didakwa Nistakan Agama

Alikanews.com – Pria yang berasal dari Solo, Jawa Tengah, diadili dengan dakwaan penodaan agama. Lelaki itu bernama Andrew Handoko, ia diduga merobek kitab suci.

Sidang digelar di Pengadilan Negeri Semarang, tetapi seharusnya sidang digelar di Pengadilan Negeri Solo. Pemindahan tersebut karena faktor keamanan. Persidangan perdana dan seterusnya digelar di Pengadilan Negeri Semarang.

“Permintaan dari pengadilan Solo, akhirnya dipindahkan di Pengadilan Negeri Semarang,” kata Humas Pengadilan Negeri Semarang, Dewa Ketut Kartana, Rabu (11/1/2017).

Pengamanan dari kepolisian juga dilakukan di kawasan Pengadilan Negeri Semarang selama sidang berlangsung. Sidang digelar pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Pada 31 Oktober 2016, Andrew menjadi terdakwa.

Motifnya diduga mengenai asmara setelah putus cinta. Perusakan dilakukan di kamar kos mantan kekasihnya yang berinisial FD di Green Park Lavender, jalan Pleret Raya Sumber Banjarsari, Solo.

Saat itu ia datang dan merusak beberapa barang termasuk alat-alat kosmetik dan sabun yang disiramkan ke baju. Perobekan kitab suci dilakukan ketika Andrew membuka tas mantan kekasihnya dan merobek buku-buku termasuk kitab suci di dalamnya.

Jaksa Penuntut Umum, Samsuri menyatakan Andrew didakwa dengan tiga dakwaan alternatif yaitu Pasal 156 A KUHP tentang penodaan agama, Pasal 156 dan atau Pasal 406 KUHP tentang perusakan barang.

Atas dakwaan ini, Andrew tidak mengajukan nota keberatan (eksepsi). Sidang berikutnay akan menghadirkan sejumlah saksi.

“Tidak ada eksepsi, berikutnya hadirkan 10 orang saksi,”kata Samsuri.

 

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts