Search

Italia Wajibkan Imam Muslim Jalani Pelatihan untuk Memerangi Terorisme

Alikanews.com – Para imam Muslim di Italia diharuskan mengikuti pelatihan khusus mengenai konstitusi nasional dalam upaya memerangi terorisme serta meningkatkan integrasi. Pemerintah Italia mendesak semua pemimpin agama non-Katolik serta pekerja asing untuk mendaftar pelatihan.

Pemerintah Italia mengharapkan program pelatihan ini akan membantu menciptakan iklim toleransi. Pelatihan ini akan menelan biaya sekitaran 92 ribu Euro serta didanai oleh Kementerian Dalam Negeri yang dibantu University of Bologna.

Silabus yang diajarkan memuat prinsip-prinsip konstitusional Italia, serta hak dan kewajiban yang melekat didalam masyarakat. Tema yang dibicarakan dalam pelatihan meliputi soal kebebasan beragama, kebebasan berbicara serta hak melaksanakan ibadah sesuai agamanya masing-masing.

Awal bulan Februari ini, program pelatihan akan dilakukan pemerintah Kota Ravenna. Pelatihan akan di luncurkan di enam universitas termasuk juga Pisa dan Florence.

Profesor di Italia Giovanni Cimbalo kepada surat kabar La Republica, menerangkan tujuan pelatihan untuk para imam Muslim tersebut. ”Tujuannya yaitu untuk mendorong dialog antaragama dan budaya, berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang damai dan tanpa ada kekerasan,” ujarnya, yang dilansir Kamis (12/1/2017).

Italia menjadi rumah untuk sekitar 1, 7 juta Muslim, yang tercatat sebagai populasi Muslim terbesar keempat di Eropa. Jumlah itu bertambah sejak awal krisis imigran.

Tetapi, Islam tak diakui sebagai agama resmi di negera ini. Walau demikian, ada delapan masjid legal yang berdiri di Italia. Pada Oktober tahun lalu timbul protes yang memaksa beberapa masjid darurat ditutup. Imbasnya, banyak warga Muslim melaksanakan ibadah di pusat-pusat kebudayaan di seluruh negeri.

Written by 

Related posts