Search

Konvoi Pasukan Perang AS Tiba di Polandia

Alikanews.com – Konvoi pasukan tempur berikut peralatan tempur Amerika Serikat tiba di Polandia pada hari Kamis, 12 Januari 2017 jam 10 pagi waktu setempat.

Dengan menyeberangi wilayah Jerman konvoi pasukan dan peralatan tempur AS memasuki kota Olszyna, kota perbatasan Polandia-Jerman. Warga melihat konvoi itu memasuki kota.

“Amerika datang kesini adalah hal terbesar yang pernah terjadi pada kami,” ujar Mieczyslwa Mroz, 62 tahun, warga Olszyna, mengutip New York Times.

Penyambutan resmi konvoi pasukan AS ini dilakukan di kota Zagan. Hadirnya pasukan AS ini akan disusul dengan kehadiran ribuan pasukan NATO yang lain. Mereka akan ditempatkan di sepanjang perbatasan Eropa Timur.

Menurut BBC, lebih dari 80 unit tank serta ratusan kendaraan tempur milik AS yang tiba di Polandia pada Kamis tempo hari.

Penempatan pasukan AS di Polandia dianggap yang terbesar yang pernah dilakukan AS di Eropa dalam beberapa  dekade ini.

Penempatan pasukan AS di Polandia dipicu kemelut hubungan AS dengan Rusia. Presiden Vladimir Putin akhir 2016 sudah mengeluarkan perintah pada semua warganya untuk bersiap menghadapi perang.

Dengan kehadiran pasukan AS di Polandia, Rusia menganggapnya ancaman keamanan pada Rusia semakin nyata. Dan, membuat keadaan keamanan di kawasan itu semakin tidak pasti.

Tetapi ada dugaan setelahDonald Trump resmi jadi presiden AS pada 20 Januari yang akan datang, hubungan  AS-Rusia akan mencair. Tetapi NATO percaya Trump akan segera memahami ancaman Putin di kawasan AS dan  Eropa saat ini.

Written by 

Related posts