Search

8 Penyebab Penyakit Stroke Yang Harus Anda Ketahui

Alikanews.com – Penyakit Stroke yaitu salah satu penyakit mematikan di dunia. Menurut beberapa sumber, Stroke adalah satu di antara 10 penyakit yang paing banyak merenggut nyawa.
Stroke adalah penyakit yang menyerang fungsi organ badan. Di mana pada saat penyakit ini menyerang organ badan akan Mati fungsi, Penyakit ini dapat menyerang siapapun. Presentasi paling banyak yaitu para kaum lanjut usia. Namun bukan berarti Anak muda tidak dapat terkena penyakit yang satu ini. Adapula (banyak) para anak muda yang terkena stroke yang disebabkan Serangan jantung mendadak.

Penyebab stroke sendiri sampai saat ini terdapat beberapa spekulasi. Mulai dari pola hidup, sampai makanan. Oleh karena kita Harus ketahui apa saja penyebab penyakit stroke yang dapat timbul pada kita.

Nah, berikut 8 penyebab penyakit stroke yang harus anda ketahui :

1. Kebiasaan Bangun Tidur

Pada umunya setiap orang bangun tidur langsung menuju kamar mandi. Hingga akhirnya melupakan apakah organ-organ badannya telah siap untuk bergerak atau belum. Padahal organ badan ketika tidur juga istirahat dalam arti mati sesaat. Untuk itu perlu dibangunkan dengan menerapkan 3 hal 3 menit. menit pertama membuka mata dan berdiam diri. Menit ke-2 mengerjap-erjapkan mata. Menit ketiga duduk di tepi tempat tidur lalu baru berjalan.

2. Pola Hidup

Pola hidup seseorang memengaruhi berbagai hal yang terjadi dalam dunia kesehatannya. Bila pola hidup sehat maka akan sehat. Tetapi bila pola hidup yang makannya kurang sehat (fast food, minyak, kolesterol tinggi), kurang olahraga, cepat marah berpeluang besar menyebabkan stroke.

3. Obesitas

Kegemukan juga berpeluang menyebabkan stroke. Hal semacam ini karena lemak yang menumpuk yang menyebabkan malas Beraktifitas namun memiliki porsi makan yang besar.

4. Riwayat Kesehatan

Perlu diperhatikan riwayat kesehatan diri dan sisilah keluarga. Lantaran terdapat banyak penyakit yang bersifat menurun ke Keturunannya. Penyakit yang perlu diwaspadai dan bisa menyebabkan stroke yaitu hipertensi, gangguan jantung, kolesterol Tinggi dan asteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

5. Usia

Dari berbagai riset, Di ketahui kalau usia semakin tua semakin besar juga resiko terkena stroke. Hal semacam ini berkaitan dengan Proses degenerasi (penuaan) yang terjadi secara alamiah. pada orang-orang lanjut usia, pembuluh darah lebih kaku lantaran adanya Plak.

6. Jenis kelamin

Laki-laki memiliki resiko lebih besar untuk terkena stroke di banding perempuan. Hal semacam ini mungkin terkait kalau laki-laki Cenderung merokok. Rokok, bisa merusak lapisan dari pembuluh darah badan.

7. Herediter

Berkaitan dengan riwayat stroke di keluarga, orang dengan riwayat stroke pada keluarga memiliki resiko yang lebih besar untuk Terkena penyakit stroke di banding orang yang tanpa riwayat stroke pada keluarganya.

8. Ras atau Etnis

Dari berbagai riset, ditemukan kalau ras kulit putih memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena stroke di banding ras Kulit hitam.

Itulah penyebab penyakit stroke yang harus kita ketahui agar stroke tidak menyerang badan. Dan selebihnya pola hidup sehat patut kita terapkan supaya segala penyakit tidak menyerang.

Baca juga :

Written by 

Related posts