Search

Tips Cara Mengatasi Terkilir Atau Keseleo Yang Perlu Diketahui

Alikanews.com – Terkilir atau keseleo yaitu cedera yang disebabkan oleh trauma yang membawa dampak peregangan atau ligamen sobek, jaringan ikat pada dua tulang sendi. Dalam dunia medis lebih di kenal sebagai keseleo. Terkilir bisa terjadi pada tiap tiap orang baik anak-anak dan orang dewasa. Resiko yang lebih besar dari keseleo terjadi pada mareka contoh yang lebih aktif, atlet lari, berenang, buruh konstruksi dan sejenis lainnya profesi.

Nah, berikut tips cara mengatasi terkilir atau keseleo yang perlu diketahui :

1. Kompres dengan Es

Lakukan ini selama 2-3 hari sampai bengkak mengempis, dengan frekuensi 10-20 menit dan juga tidak terlalu lama di kompres, jangan dipaksa untuk berlama-lama, saat sebelum 10 menit suhu di tangan kita adalah normal dan rasa sakit mulai terasa tidak bisa dilakukan mengompresi lagi.

2. Istirahat

Agar bagian dari keseleo tidak menjadi lebih buruk, harus badan yang mengalami keseleo di istirahat total, tidak boleh digunakan untuk melakukan aktivitas apa pun.

3. Balut bagian yang keseleo

Lakukan Balutan seperti mumi. Jadi dengan melakukan dressing seperti ini mempunyai tujuan untuk meminimalkan gerakan pada bagian dari keseleo yang memecah di pembuluh darah atau jaringan tidak semakin kronis.

6. Posisi jantung di atas

Agar tidak keseleo terlalu kronis, bagian terkilir diposisikan di atas jantung, hal ini bertujuan untuk meminimalkan denyut pembuluh darah saat jantung memompa.

7. Gunakan air arang

Air arang sangat ampuh untuk mengatasi bengkak akibat keseleo.

8. Perlindungan

Saat cedera baru terjadi, segera melindungi daerah yang mengalami cidera. untuk meminimkan dari kemungkinan tekanan atau cedera semakin kronis.

9. Ketinggian

Angkat bagian yang cedera lebih tinggi dari posisi jantung sehingga darah tidak menumpuk di daerah yang meradang.

Itulah tips cara mengatasi terkilir atau keseleo yang perlu diketahui. Selamat mempraktekan dan semoga informasinya bisa berguna ya.

Baca juga :

Written by 

Related posts