Search

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Tekanan darah rendah atau hypotention atau lebih di kenal sebagai hypotention postural lebih umum pada orang-orang yang berdiri atau duduk. Biasanya tekanan darah dikontrol sebagai perubahan posisi badan, namun orang-orang yang memiliki hypotention postural tidak dapat menjaga tekanan darahnya.

Hypotention postural bisa berjalan lantaran konsumsi antidepresan atau obat antihipertensi (tekanan darah tinggi), serta sering terjadi pada orang yang mengalami diabetes mellitus. Tekanan darah rendah akut yang dikarenakan oleh shock dan bisa disebabkan oleh cedera serius seperti infark miokard (serangan jantung) atau kegagalan adrenal.

Tekanan darah rendah yang benar yaitu bila seseorang selalu memiliki tekanan darah dibawah 120/80, sementara semua yang disebutkandiatas yaitu sementara. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah bisa dikatakan mempunyai tekanan darah tinggi, bila tekanan sistolik (atas) meningkat setidaknya 20 mmHg dan tekanan diastolik (bawah) meningkat setidaknya 10mmHg, meskipun tekanan darahnya setelah kenaikan itu masih dibawah 140/90. Misalnya seseorang yang darah 110/70 tekanan normal rendah, bila meningkat jadi 130/80 telah dikatakan memiliki tekanan darah tinggi.

Berikut adalah cara mengatasi tekanan darah rendah yang perlu anda ketahui :

1. Kualitas Tidur

Untuk orang yang mengalami tekanan darah rendah maka disarankan agar bisa menjaga jadwal istirahat dengan baik. Baik kualitas tidur dapat mengembalikan energi yang hilang, lantaran pasien tekanan darah rendah begitu membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Riset Harvard merekomendasikan untuk makan kacang-kacangan lantaran bisa meningkatkan tekanan darah. Kacang dapat lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Inilah yang membuat tekanan darah naik. Jadi, jangan sampai lupa untuk makan kacang, kacang merah, kacang polong, dan kacang hijau dalam diet Anda sehari-hari.

2. Selalu Memonitor Tekanan Darah

Bila Anda mempunyai tekanan darah rendah atau menyadari tanda-tanda, maka Anda mesti memonitor mereka secara teratur. Beli manset tekanan darah (tensimeter) yang dijual di pasar dan mudah digunakan. Setiap saat Anda bangun di pagi hari merasa badan benar-benar lemas, segera mengecek tekanan darah.

3. Makanan Dan Minuman Yang Bisa Menanggulangi Darah Rendah

  • Daging Ayam Dan Hati
    Kandungan protein yang tinggi dalam daging dan hati ayam bisa membantu meningkatkan tekanan darah. Badan membutuhkan protein sel pembangun termasuk juga sel-sel pembuluh darah.
  • Jeruk
    Beragam jenis jeruk di ketahui memiliki kandungan vitamin C dan vitamin yang lain. Konten itu sendiri kemudian begitu baik untuk badan yang membutuhkan banyak nutrisi agar bisa kembali menormalkan tekanan darah pada badan Anda.
  • Kurma
    Manis makanan ringan yang berasal dari Timur Tengah yaitu Kurma juga memiliki manfaat untuk menormalkan tekanan darah manusia. Hal semacam ini Lantaran Kurma bisa memberikan energi yang baik pada badan manusia selain menyehatkan juga dapat menormalkan tekanan darah.
  • Mengkonsumsi Banyak Air Mineral
    Kekurangan cairan badan dapat juga mempengaruhi tekanan darah. Langkah mengatasi tekanan darah rendah yaitu langkah yang paling mudah yaitu dengan konsumsi air setiap hari 8 sampai 10 gelas. Air bisa membantu memperlancar peredaran darah.
  • Kopi
    Menurut Dr Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang disebut mantan ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Yayasan Indonesi (Perki) sebagai dikutiip dari detikhealth, mengatakan kalau tekanan darah rendah bisa ditingkatkan dengan minum 1-2 cangkir kopi /hari, tetapi yang penting adalah untuk tidak berlebihan.

4. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Mandi air panas memang mempunyai efek relaksasi yang luar biasa, namun untuk anda yang memiliki tekanan darah rendah mesti membatasi ini. Alasan utama yaitu mandi air panas dapat membuat tekanan darah Anda lebih bawah. Selain itu, dapat juga membuat Anda merasa lemah, pusing, dan tidak bertenaga.

5. Hindari Ankat Beban Berat

Untuk orang yang memiliki tekanan darah rendah, mengangkat beban yang terlalu berat dapat berakibat fatal. Sama seperti bangun tiba-tiba, perubahan mendadak dalam gravitasi pada badan kita bisa menyebabkan pusing dan pandangan pusing. Pada orang yang mempunyai tekanan darah akut rendah, bahkan bisa menyebabkan pingsan.

Demikianlah cara mengatasi tekanan darah rendah yang perlu anda ketahui. Semoga informasinya yang kami berikan ini bsia berguna ya.

Baca juga : Cara jitu mengatasi tekanan darah tinggi secara alami

Written by 

Related posts