Search

10 Cara Efektif Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

Alikanews.com – Dalam anatomi, hidung yaitu penonjolan pada wajah yang terdapat lubang, yang menyaring udara untuk bernafas. Pada saat kita hirup, bahan kimia dalam bentuk gas masuk ke hidung. Sebuah kimia yang disebut sumber bau itu akan terlarut dalam selaput lendir, dan lalu akan merangsang rambut-rambut kecil di sel bau. Sel-sel penciuman akan terus rangsangan ini ke otak untuk diproses sehingga bisa menentukan jenis bau kimia.

Gangguan hidung biasanya dikarenakan oleh peradangan atau sakit pilek yang menghasilkan lendir atau ingus, mencegah bau mencapai saraf ujung bau. Gangguan lain dapat juga dikarenakan oleh ada kotoran pada hidung dan hidung rambut terlalu banyak.

Berikut 10 cara efektif mengatasi hidung tersumbat secara alami :

1. Berkumur Dengan Garam

Caranya : Larutkan satu sendok makan garam ke dalam air, tanpa gula, di buat tidak terlalu asin di mulut. Setelah larut dan suhunya sudah cukup hangat, lalu gunakan larutan garam hangat itu untuk berkumur.

2. Menggunakan Uap Air

Pakai tempat/wadah air yang melebihi besar wajah, tuang air panas ke dalamnya. Lalu siapkan handuk, kemudian posisikan wajah diatas air itu dan di kerudungi handuk supaya uap bisa maksimal di hirup oleh hidung.

3. Minum Air Jeruk Nipis Hangat

Air jeruk dapat juga manfaat sebagai obat untuk mengatasi hidung tersumbat. Peras 2-3 buah jeruk nipis, Air hangat 1/4 gelas, peras jeruk itu langsung di campur dengan air hangat tersebut, lalu minun air perasan jeruk itu.

4. Minum Teh Herbal

Teh herbal bisa mengencerkan lendir dan melegakan hidung terhambat. sehingga tidak terjadi penyumbatan pada hidung.

5. Mandi Air Hangat

Untuk hidung yang tersumbat, uap air dari air hangat ini dapat mengencerkan lendir di hidung sehingga mudah untuk dikeluarkan.

6. Menyantap Makanan Pedas

Menyamtap makanan pedas juga adalah cara alami mengatasi hidung tersumbat lantaran rasanya yang pedas membuat lendir didalam hidung jadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

7. Minum Air Hangat

Hal yang bisa dilakukan yaitu minum segelas air hangat, dapat dicampur susu, kopi atau teh, pastikan suhunya di atas 30 derajat celcius sehingga saat minum, ada uap air yang terhirup.

8. Tidur 1/2 Duduk

Bila Anda mengalami hidung tersumbat yang semakin kronis saat berbaring, coba untuk meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan dibawah kepala dan leher sedemikian rupa sehingga terlihat posisi 1/2 duduk. Hal semacam ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung sehingga bisa menghilangkan hidung tersumbat.

9. Gunakan Minyak Kayu Putih

Cara ini lebih praktis lantaran dapat digunakan dengan cara menghirupnya, atau mungkin dengan mendekatkannya ke hidung. Untuk hasil yang lebih baik, campur beberapa tetes minyak kayu putih kedalam sebaskom air panas, lalu hirup uapnya selama kurang lebih 10 menit.

10. Semangkuk sup ayam sangat bagus untuk mengatasi hidung tersumbat.

Sup ayam ini mengandung sistein yang sangat berguna untuk mengencerkan hidung, sehingga hidung kembali lancar.

Itulah 10 cara efektif mengatasi hidung tersumbat secara alami. Selamat mencoba dan semoga info ini bisa bermanfaat.

Written by 

Related posts