Search

Cara Mengatasi Osteoporosis Secara Alami Yang Harus Anda Ketahui

Alikanews.com – Osteoporosis yaitu penyakit tulang yang punyai sifat khas seperti massa tulang yang rendah, dengan mikro-arsitektur tulang dan jaringan tulang degradasi yang kelanjutannnya bisa menyebabkan kerapuhan tulang. Osteoporosis primer kerap menyerang wanita menopause dan pada pria yang lebih tua dengan penyebab yang tidak di ketahui.

Karenanya cegah penyakit osteoporosis sebelum terlanjur terjangkit penyakit ini dan simak berikut adalah cara mengatasi osteoporosis secara alami yang harus anda ketahui :

1. Kontrol berat tubuh

Untuk mengatasi osteoporis upayakan senantiasa menjaga berat tubuh dalam kondisi yang ideal. Lantaran obesitas adalah partner dari penyakit osteoporosis. Untuk itu kita mesti selalu mengontor dan menjaga berat tubuh dalam kondisi yang tetap stabil.

2. Konsumsi kalsium

Kuranganya konsumsi kalsium dalam kehidupan sehari-hari bisa menyababkan terjadinya penyakit osteoporosis, untuk itu lengkapi asupan kalsium lewat cara konsumsi makanan yang memiliki kandungan kalsium seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan lain-lain.

3. Jangan abaikan nyeri tubuh

Nyeri sendi ternyata bisa jadi penyebab timbulnya osteoporosis. Jadi segera konsultasikan dengan dokter untuk jalankan cek dan segera mencari solusinya.

4. Jangan melakukan diet ketat

Diet untuk menurunkan berat tubuh dengan cepat yaitu salah satu hal terburuk yang bisa Anda lakukan untuk tubuh Anda. Jangan lakukan diet semacam ini lantaran akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Olahraga secara rutin dan teratur

Aktivitas kebugaran ini adalah salah satu kunci menjaga tulang tetap kuat. Pastikan melakukannya setidaknya 30 menit 1 hari. Pilih jenis olahraga yang memiliki efek membuat tulang tarik-menarik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Yang dapat menjadi pilihan di antaranya yoga, lari, atau latihan kekuatan otot.

6. Konsumsi suplemen berkalsium setelah menopause

Segera usia Anda mengalami menopause, hormon estrogen yang melindungi tulang Anda akan berkurang sebagian besar. Jadi, mulailah untuk konsumsi suplemen berkalsium segera setelah Anda berhenti menstruasi.

7. Berjemur di bawah cahaya matahari

Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak bisa memproses kalsium. Dan Vitamin D di produksi di dalam tubuh saat Anda mendapatkan cahaya matahari pagi yang sehat.

8. Paparan cahaya matahari

Dibawah kulit kita ada vitamin D. Saat terpapar cahaya matahari, vitamin itu dapat aktif dan beralih jadi vitamin D3. Bentuk aktif vitamin tersebutlah yang bermanfaat mempertahankan kepadatan dan kekuatan tulang.

Tidak perlu waktu lama untuk mengaktifkan vitamin D3 dalam tubuh. Cukup berjemur selama 10 menit sebelum jam 09. 00 pagi dan sesudah jam 15. 00 sore. Kecukupan kalsium dan vitamin D sejak muda jadi hal penting yang perlu di perhatikan bila ingin terhindar dari osteoporosis.

9. Minum susu

Susu yaitu salah satu sumber kalsium terbaik yang bertindak mencegah tulang keropos. Biasakan teratur konsumsi susu atau makanan mengandung kalsium yang lain seperti kacang almond, sarden, salmon, sereal, jus jeruk, dan sayuran hijau.

10. Jauhi alkohol dan soda

Konsumsi alkohol atau soda secara berlebihan juga meningkatkan resiko terjangkit penyakit osteoporosis. karenanya kurangi atau lebih baik stop konsumsi alkohol.

11. Jauhi rokok, dan kopi

Untuk mengatasi osteoporosis artinya Anda mesti menghindari kopi, dan rokok, lantaran dapat beresiko negatif untuk kesehatan tulang Anda.

12. Jauhi shoft drink

Minuman (Soft drink) yang bersoda yaitu salah satu faktor yang berperan besar dalam pengeroposan tulang. Asam yang terkandung dalam soda soft drink dapat menghilangkan lapisan enamel gigi dan menghabiskan simpanan kalsium dalam tulang.

13. Teh hijau

Konsumsi teh hijau bisa mengatasi osteoporosis. Sebuah riset yang diterbitkan Journal of American College of Nutrition mengatakan kalau perempuan berusia 70 sampai 85 tahun yang mengkonsumsi teh hijau secara teratur memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih banyak dibanding perempuan yang tidak meminum teh hijau.

Semoga informasinya bermanfaat dan berguna.

Baca juga : Tips cara mengatasi terkilir atau terkeseleo

Written by 

Related posts