Search

Musim Dingin, Inggris Terancam Diserbu 200 Juta Tikus

Alikanews.com – Tikus sebesar kucing ditemukan di resort jutawan di Sandbanks, dekat Bournemouth, Inggris. Orang yang menangkapnya yaitu Terry Walker. Ia berhasil memburu tikus raksasa itu berkat pertolongan anjingnya.

Walker telah 20 tahun bekerja sebagai penangkap tikus. Ia mengaku belum pernah melihat hewan pengerat sebesar ini sebelumnya. Bayangkan saja, panjangnya dari ujung hidung hingga ekor tercatat 48 cm.

“Saya bergabung dalam komunitas profesional penangkap tikus. Dan kebanyakan dari kami sepakat kalau ini adalah tikus terbesar yang pernah kami temukan di Inggris. Bahkan yang paling besar yang pernah saya tangkap,” katanya, sebagaimana dinukil dari Metro, Senin (16/1/2017).

Berdasarkan penyisirannya selam ini, tikus memiliki ukuran besar itu mulai marak di Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Seakan bermutasi, mereka tahan dari segala jenis toksin pembasmi hama yang dijual di toko.

Ahli lain pernah menjelaskan, peningkatan produksi kentang juga bisa jadi penyebab cepatnya perkembangbiakan tikus-tikus itu. Diketahui saking sangat melonjaknya, kentang-kentang itu ditimbun di silo peternakan di semua penjuru Negeri Ratu Elizabeth itu. Keadaan ini membuka peluang bagi para tikus memperoleh pasokan makan yang berlimpah.

Populasi tikus di Inggris pada 2013 tercatat sejumlah 80 juta ekor. Dikhawatirkan, jumlahnya saat ini sudah bertambah menjadi 200 juta ekor.

Malahan ada peringatan bahwa kemungkinan 200 juta tikus akan menginvasi lahan pertanian warga sepanjang musim dingin. Sebelum yang sebesar kucing dewasa itu, Walker juga menangkap seekor kawannya yang memiliki ukuran 16 inchi atau sekira 40 cm panjangnya di dekat pabrik makanan setempat.

Laporan tikus mutan pertama di Inggris beredar pada 1990-an. Diberitakan, tikus-tikus itu sudah menjelma jadi generasi yang tahan pada racun, seperi warfarin. Hal semacam ini menekan Uni Eropa untuk selekasnya menemukan toksin baru generasi ketiga yang lebih ampuh menyelesaikan masalah ini.

Written by 

Related posts