Search

Inilah Manfaat Luar Biasa Tidur Pada Siang Hari

Alikanews.com – Tidur yaitu keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies yang lain, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda-tanda kehidupan sebagai kesadaran, Puls, dan perubahan frekuensi pernafasan. Dalam tidur normal biasanya guna saraf motorik juga saraf sensorik untuk aktivitas yang memerlukan koordinasi dengan system saraf pusat akan diblokade, sehingga saat tidur cenderung untuk tidak bergerak serta daya tanggap berkurang.

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Didalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie. Itulh beberapa penjelasan sedikit mengenai tidur, berikut dibawah ini yaitu manfaat luar biasa tidur pada siang hari yang harus anda ketahui :

1. Meningkatkan Kinerja Memori Otak

Jumlah aktivitas serta kekuatan otak yang kita gunakan dapat membuat kelelahan otak dan mengurangi daya konsentrasi. saat kekuasaan digunakan otak telah terlalu banyak kita berpikir sebanyak 30 menit, maka bisa meningkatkan memori kita kembali dan membuat otak kembali freshdan segar.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Saat kita merasa capek dan mengantuk sementara aktivitas atau pekerjaan, aktivitas yang kita lakukan sehingga menghambat serta tidak akan berjalan dengan baik, biasanya orang akan terus mengatasi mengantuk dengan kafein. Tetapi, sebuah studi penelitian menemukan kalau tidur siang selama 20 menit efekif lebih dari konsumsi 200 mg kafein sebagai penangkal kantuk.

3. Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas seseorang rata-rata di pengaruhi oleh persepsi sensorik pada badan, dengan tidur siang hari, seorang peneliti tenar dan ilmuwan mengatakan kalau tidur siang bisa meningkatkan persepsi sensorik di otak yang membuat kreativitas kita akan meningkat.

4. Pengembalian Suasana Hati

Tidur di siang hari bisa meningkatkan kadar serotonin neurotransmitter di otak yang bisa menghasilkan rasa tenang serta dapat menghilangkan kecemasan dalam pikiran dan otak. Selain itu, tidur siang hari akan membuat pandangan positif dalam pikiran.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tidur siang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda. Oleh karenanya, untuk anda yang sering mengalami kelelahan setelah bekerja dianjurkan untuk tidur siang sehingga meningkatkan produktivitas kerja Anda.

6. Mencegah Insomnia

Tidur siang dapat menyembuhkan gejala insomnia atau sulit tidur. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menyatakan kalau tidur siang akan membuat penderita insomnia menjadi lebih bugar. Hal semacam ini karena total waktu istirahat jadi lebih lama.

7. Menurunkan Stres

Tidur siang ternyata membantu menurunkan tingkat stres yang Anda miliki. Sebuah penelitian menunjukkan kalau hormon stres akan menurun secara dramatis usia Anda lakukan tidur siang Anda untuk tidur semalam kurang nyenyak dan damai.

8. Jantung Sehat

Tidur siang Ternyat bisa menahan penyakit jantung. Bila Anda lakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Suatu penelitian yang dilakukan oleh orang-orang Yunani mendapatkan kalau orang yang tidur siang setidaknya 30 menit selama 3 kali 1 hari dalam seminggu bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sebesar 37 %. berdasar pada penelitian itu, tidur siang yang sehat yaitu antara pukul sore hari untuk tidak lebih dari 45 menit 1-3. Lantaran bila dari waktu ke waktu akan mengakibatkan kepala berat saat Anda bangun.

9. Tubuh Dan Pikiran Santai

Menurut National Sleep Foundation, kita perlu waktu untuk tidur siang selama 20 sampai 30 menit setiap hari. Bila kita tidak menyeimbangkan aktivitas dengan waktu istirahat akan buruk untuk kita. Selain itu, bila tubuh Anda telah capek dan harus selalu diupayakan dengan berbagai tuntutan pekerjaan, Anda akan lebih stres. Untuk bersantai tubuh Anda, Anda hanya tidur siang selama 20 menit.

10. Memunculkan Ide Baru

Tidur siang terbukti bisa meningkatkan sensitivitas tubuh, itu dikemukakakn oleh Dr Sandra C Mednick dalam bukunya, Take a Nap, Mengubah Hidup Anda. Anda bisa menemukan bebrapa ide baru dengan tingkat sensitivitas indera yang sudah ter refresh.

Itulah manfaat luar biasa tidur pada siang hari. Seoga infonya bisa bermanfaat dan berguna ya. Janagn lupa baca juga : Bahaya menghidupkan lampu saat tidur

Written by 

Related posts