Search

8 Cara Mengobati Varises Dengan Mudah

Alikanews.com – Varises yaitu pembuluh darah membesar. Kata berasal dari varises Latin yang berarti memutar, “varix”. Varises (Varicose Vein) yaitu pelebaran pembuluh darah yang sering terjadi di pembuluh darah superfisial, dan yang sering terjadi di ekstremitas bawah.

Berikut 8 cara mengobati varises dengan mudah :

1. Mengurangi Waktu Duduk atau Berdiri

Duduk terlalu lama juga berpotensi menyebabkan varises. Ketika posisi badan terlalu lama, dan banyak duduk atau berdiri, kaki akan menopang beban badan bagian atas. Oleh karenanya, bila duduk lama, diselingi dengan kegiatan berdiri setidaknya 30 menit.

2. Hindari Gunakan Heels

Tumit posisi rendah atau sejajar dengan memaksimalkan fungsi otot betis bekerja. Tapi, jika setiap hari Anda diminta untuk menggunakan sepatu hak, itu sebaik untuk meregangkan kaki selama jam istirahat, sirkulasi darah dihitung di kaki.

3. Mengatasi Varises Menggunakan Bawang Putih

Cara membuatnya, 5 siuang cincang halus bawang putih dicampur dengan air dari tiga butir kapur dan 2 sendok makan minyak zaitun. Campuran ini lalu dimasukkan dan disegel botol selama 12 jam. Setelah 12 jam hanya dapat digunakan.

4. Kontrol Berat Badan

Obesitas bisa memberi kesempatan untuk varises untuk hadir pada badan Anda. Oleh karenanya, selalu mengontrol berat agar masalah ini tidak menghantui Anda.

5. Dengan Olahraga

Olahraga teratur bisa mengurangi resiko varises. Anda bisa mencoba berjalan-jalan santai setiap sore selama beberapa menit, ini berarti bahwa sirkulasi darah di kaki menjadi lancar.

6. Senam Kaki

Angkat kaki Anda saat santai sejenak untuk mengurangi gaya gravitasi pada vena kaki dan mencegah penghambat sirkulasi darah.

7. Konsumsi Vitamin

• Konsumsi obat-obatan atau suplemen (vitamin) yang bisa mengurangi varises.
• Konsumsi asam lemak esensial omega-3 sebanyak 100 mg/hari.
• Konsumsi Ginkgo Bloba sekitar 120 mg/2 x sehari.

8. Hal-hal yang perlu dihindari

Perlu juga untuk menghindari beberapa hal seperti berikut :

  • Hindari menggunakan celana terlalu ketat, juga menghindari pemakaian stoking yang sempit dari ukuran kaki.
  • Hindari berdiri terlalu lama atau duduk dengan kaki lap.
  • Hindari konsumsi makanan tinggi kolesterol.

Nah, itulah 8 cara mengobati varises dengan mudah. Selamat mempraktekan dan semoga bisa bermanfaat.

Written by 

Related posts