Search

Cara Efektif Mengatasi Anemia Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Anemia yaitu penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia dapat diklasifikasikan berdasar pada bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering yaitu perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah.

Anemia dapat berjalan pada orang yang mengeluarkan banyak darah lebih cepat, dibandingkan dengan keadaan normal. Kekurangan darah dapat diatasi dengan transfusi darah. Anemia disebabkan karena badan kekurangan ion besi (vitamin B12).

Selain itu anemia ada yang bersifat mematikan yakni, anemia sel sabit dan thalasemia. Thalasemia yakni penyakit yang terjadi di mana sel darah merah berbentuk bulat telur (lonjong), berukuran kecil dan lebih banyak jumlahnya dibanding dengan sel darah normal.

Nah, berikut cara efektif mengatasi anemia yang perlu anda ketahui :

1. Dengan sayuran

Zat besi yang tinggi membantu proses pembentukan hemoglobin. Misalnya sayuran yang memiliki kandungan banyak zat besi antara lain bayam, seledri, kubis, kol, kangkung, kentang manis.

2. Dengan buah-buahan

Selain meningkatkan konsumsi sayuran, anda juga perlu memperhatikan konsumsi buah-buahan. Buah-buahan yang baik untuk penderita anemia diantaranya apel, anggur, semangka, aprikot., kismis dan buah pulm.

3. Dengan konsumsi daging dan seafood

Daging dan seafood kaya dengan kandungan vitamin B12 serta asam folat yang berperan dalam peningkatan produksi sel darah merah di badan.

4. Dengan daun bawang merah

Rebus daun bawang merah bersama dengan sebutir telur. Makan telur dan rebusan daun bawang merah. Lakukan setiap 2 kali dalam sehari supaya anemia bisa segera sembuh.

Cara Lain Mengatasi Anemia

  • Menjaga agar pada badan selalu tersedia asupan zat besi yang tujuannya untuk pembentukan sel darah merah.
  • Makan makanan bergizi
  • Zat besi banyak terkandung pada makanan, baik makanan nabati ataupun hewani. Seperti : beras merah, kentang, kacang-kacangan, buah apel, jambu, pepaya, ikan, telur, susu, hati dan daging.
  • Bagi ibu hamil, periksalah kehamilan pada tenaga medis dengan teratur.
  • Untuk bayi agar selalu menjaga asupan ASI.
  • Istirahat yang cukup dan teratur.

Semoga bermanfaat dan berguna.

Written by 

Related posts