Search

Dampak Buruk Radiasi Smartphone Bagi Kesehatan Tubuh

Alikanews.com – Saat ini nyaris semua ponsel yang beredar di Indonesia merupakan smartphone. Data itu bisa kita lihat lantaran saat ini dengan uang Rp 800 ribu kita sudah bisa memiliki sebuah smartphone. Namun tahukah anda bila smartphone juga membawa dampak buruk untuk kita lantaran teknologi seperti halnya pisau bermata dua?

Memang smartphone memberi kita dampak yang besar untuk kehidupan kita seperti mempermudah pekerjaan kita seperti pekerjaan kantor maupun yang lainnya. Selain itu, juga membantu kita untuk berkomunikasi. Tetapi di balik hal tersebut, ternyata ada juga dampak buruk smartphone yang dapat berdampak cukup fatal. Beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Dapat Menyebabkan Mandul

Biasanya kita sering meletakan smartphone di kantung celana saat pergi. Namun sebenarnya hal itu bisa menyebabkan kemandulan untuk pria lantaran smartphone memancarkan gelombang elektromagnetik yang mengganggu proses pematangan sperma.

2. Kuman

Pada saat di gunakan biasanya smartphone bisa memiliki suhu mencapai 45 derajat. Hal itu sangat membahayakan karena kuman akan berkembang biak dengan cepat pada smartphone berkat panas.

3. Mengganggu Tidur

Biasanya smartphone di dukung oleh kemampuan multitasking sehingga kita bisa melakukan chatting dengan lancar. Namun chatting dapat juga mengganggu kita tidur karena terkadang pada malam hari kita akan terganggu oleh suara chat masuk dari teman, dan akan berlanjut dengan membalasnya meskipun sudah lelah, dan mengantuk.

Tips Untuk Mengatasi Dampak Buruk Radiasi Smartphone

  • Jangan menggunakan ponsel saat sinyal sedang lemah, lantaran saat itu ponsel akan bekerja lebih keras untuk menncari sinyal maka akan menyebabkan radiasi yang lebih besar.
  • Kurangilah memakai sinyal diruangan tertutup seperti mobil dan lift, lantaran radiasi yang besar terjadi ketika ponsel anda mencoba mencari koneksi sinyal.
  • Sebaiknya jangan menyimpannya di dekat bagian tubuh. Seperti saku atau meletakkan di depan kepala anda saat anda tidur. Hal semacam ini sebaiknya dijauhi untuk mengurangi dampak radiasi.
  • Telepon dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya anda menggunakan headset ferrite bead yang mempunyai fungsi untuk mengurangi radiasi. Atau jika tidak sebaiknya anda menggunakan speakerphone, lantaran speakerphone memiliki jarak aman untuk radiasi ponsel.

Demikianlah dampak buruk radiasi smartphone bagi kesehatan tubuh. Semoga infonya bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacanya.

Written by 

Related posts