Search

Pedagang Korban Kebakaran Pasar Senen, Warga Pun Ikut Membantu

Alikanews.com – Karena rasa kemanusiaan yang mendalam mendorong warga mengulurkan tangan untuk meringankan beban para pedagang. Warga dan pedagang di Pasar Senen ini awalnya tidak saling mengenal.

Warga membantu para pedagang yang masih sibuk menyelamatkan barang dagangan mereka yang masih ‘terjebak’ di dalam kios. Ada warga yang memberikan tenaga mereka untuk mengangkut-angkut barang, ada pula yang bersedia menjaga barang dagangan milik pedagang yang dikumpulkan di pinggir jalan.

Bantuan itu diberikan oleh salah seorang warga bernama Astuti. Perempuan ini rela menunggu barang dagangan milik pedagang korban kebakaran.

“(Itu) bukan toko saya, saya bukan penjual tapi bantu jaga saja,” cerita Astuti saat berbincang dengan detikcom, Jumat (20/1/2017).

Astuti yang tinggal di Jalan Kramat, Jakarta Pusat ini tak sendiri menjaga barang dagangan. Sejak pagi, dia dan beberapa warga setempat lain juga ikut membantu menjaga dan menyusun barang-barang tersebut. “Kami bantu dari pukul 07.00 WIB, ya karena mau bantu saja, kasihan banyak barang yang di dalam yang masih bisa diambil dibawa pulang kan,” ujar dia.

Barang-barang yang dijaga Astuti antara lain peralatan dapur mulai dari gelas, piring hingga penggorengan. Ia sesekali mengelap piring atau gelas yang menghitam. Kondisi barang yang masih bagus, dipisahkan Astuti dari barang yang sepenuhnya hangus.

Selain Astuti, ada pula 2 wanita warga setempat yang turut menyusun barang pecah belah milik salah satu toko. Mereka sibuk mengangkut dan mengecek barang yang rusak atau pecah. “Ya bantu saja, kan enggak apa-apa saling bantu,” kata salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya di lokasi yang sama.

Kedua warga itu tampak keluar masuk toko. Mereka menata piring di atas aspal dan mengelap abu dari barang-barang itu.

Warga itu tampak bergantian berjongkok untuk mengatur barang yang dibawanya. Usai kerja keras itu, para warga dan pedagang lain istirahat sambil menyantap makan siang naso kotak bersama di depan kios setelah mengangkut barang. Saat ini memang banyak banyak pedangang lain yang masih berusaha untuk mengecek dan mengambil sisa-sisa barang dagangannya.

 

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts