Search

Hakim Antikorupsi Brasil Tewas Dalam Kecelakaan Pesawat

Alikanews.com – Teori Zavascki, hakim Mahkamah Agung Brasil, yang dikenal karena menyelidiki skandal korupsi yang membelit pejabat negara itu, tewas dalam kecelakaan pesawat.

Sebagaimana dilaporkan The Washington Post, Jumat, 20 Januari 2017, Zavascki tewas setelah pesawat yang membawanya dan tiga penumpang lain jatuh didekat Paraty, kota pesisir yang berjarak 250 km sebelah barat Rio de Janeiro, pada Kamis, 19 Januari 2017, waktu setempat.

Anak hakim agung itu, Francisco Prehn Zavascki, mengumumkan kematian ayahnya setelah pesawat jatuh pada Kamis petang. “Teman serta kerabat yang baik, kami baru saja menerima informasi bahwa Ayah meninggal dunia. Terima kasih atas kekuatan yang kalian berikan,” tulis Francisco dalam akun Facebook-nya.

Sampai sekarang, belum diketahui penyebab kecelakaan itu. Otoritas Brasil awal mulanya mengatakan ada empat korban dalam insiden ini. Ternyata korban bertambah menjadi lima, walau baru tiga jasad yang ditemukan.

Selain menewaskan hakim agung Zavascki, militer Brasil menyebutkan kecelakaan ini merenggut nyawa pengusaha Carlos Alberto Filgueiras dan pilot Osmar Rodrigues. Sementara nama dua korban lain belum diumumkan.

Foto-foto yang dikutip media Brasil, Globo, menunjukkan tim penyelamat menarik pecahan-pecahan pesawat putih dari laut. Saksi berujar, ketika kecelakaan berlangsung, hujan turun dengan lebat.

Zavascki memegang peranan penting dalam penyelidikan “Car Wash”, penyuapan miliar dolar di perusahaan minyak pelat merah Petrobras. Berdasarkan undang-undang Brasil, hanya Mahkamah Agung yang bisa mendakwa atau memenjarakan politikus.

“Hakim agung Teori Zavascki adalah pendukung penyelidikan #Carwash di Mahkamah Agung. Sulit dipercaya ia tewas karena kecelakaan ini,” ujar Jaksa Agung Brasil Alan Mansur.

Cuma beberapa jam seusai berita kematian Zavascki, Presiden Michel Temer, yang namanya masuk daftar tersangka suap Petrobas, mengucapkan belasungkawa.

“Zavascki adalah orang baik dan kebanggaan rakyat Brasil,” kata Temer, yang mengumumkan tiga hari berkabung.

Written by 

Related posts