Search

Seorang Kakek Penyapu Jalan Temukan Uangnya yang Raib

Alikanews.com РMusibah yang dialami Cheng Yanxin, 70 tahun, yang bekerja sebagai penyapu jalan di Cina. Amplop yang berisis upahnya selama tiga bulan sebesar Rp 6, 5 juta raib. Karena seorang pekerja di sebuah rumah  makan, amplop itu kembali ditemukan. Tetapi kakek Cheng akhirnya tahu uang didalam amplop itu hasil sumbangan orang-orang yang tidak dikenalnya.

Cerita itu bermula saat Kakek Cheng menyadari amplopnya hilang setelah tiba dirumah. Ia pun mencari amplop yang raib itu. Zhao Ping, pekerja dirumah makan di Kota Binzhou, Provinsi Shandong, mendengar musibah yang dialami pelanggan setianya itu.

Zhao lalu menggalang dana melalui sosial media WeChat dengan mengunggah kisah kakek Cheng, termasuk jumlah uang yang hilang. Unggahan Zhao lalu tersebar.

Tak lama setelah itu, Zhao menerima hampir seratus panggilan dari orang-orang di Shandong dan provinsi yang jauh, termasuk juga Hebei, Sichuan, Hubei, bahkan Tibet dan Xinjiang.

Beberapa waktu kemudian, seorang lelaki yang cuma dikenal sebagai Liu menghampiri Cheng dan menyerahkan kembali “amplop” yang diakuinya ditemukan di jalan. Tetapi Kakek Cheng tidak langsung mudah percaya. Ia menyadari tulisan dibagian depan amplop itu dibuat dengan spidol, bukan bolpoin.

Liu terpaksa mengaku bahwa ia serta teman-temannya menyumbang uang sendiri dan menambahkan 600 yuan. Dengan demikian, Cheng mempunyai sedikit tambahan ketika melewati Festival Musim Semi nanti.

Cheng lalu menerima sumbangan dermawan itu. Ia sangat tersentuh akan kebaikan Liu. “Ada begitu banyak orang baik didunia,” ujarnya, sebagaimana dikutip Xinhua pada 18 Januari 2017.

Cheng kesehariannya bekerja membersihkan jalan-jalan di Wudi County selama lebih dari sepuluh tahun. Wang Shuchun, wakil kepala urusan sipil di Wudi, berujar Cheng sebenarnya ditawarkan hibah pemerintah serta jaminan sosial yang lainnya, namun ia bersikeras bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri.

Written by 

Related posts