Search

Wartawan Robot Ini Berhasil Membuat Berita Pertamanya

Alikanews.com – Wartawan robot yang diberi nama Xiao Nan berhasil membuat berita pertamanya. Hasil karya jurnalistik robot ini diterbitkan di surat kabar Cina, Southern Metropolis Daily, yang berkantor pusat di Guangzhou, pada Rabu, 18 Januari 2017.

Robot itu diciptakan oleh seorang profesor di Universitas Peking, Wan Xiaojun, yang memimpin tim peneliti dan  pengembangan robot itu.

Berita pertama Xiao Nan yaitu mengenai migrasi tahunan terbesar di bumi, yakni wisata selama Tahun Baru  Cina—juga dikenal sebagai Festival Musim Semi. Ia menulis artikel sejumlah 300 kata dalam tempo satu detik. Robot Xiao Nan menceritakan kisah jutaan masyarakat yang bekerja atau belajar di kota bergegas pulang untuk berkumpul bersama keluarga dalam menyongsong Tahun Baru Cina di kampung.

Sebagaimana dikutip Sputnik News pada 19 Januari 2017, Xiaojun menerangkan, robot Xiao Nan mampu menulis laporan panjang dan pendek. “Jika dibandingkan dengan wartawan biasa, Xiao Nan mempunyai kemampuan untuk menganalisa data serta menulis berita dengan lebih cepat,” ujar Xiaojin.

Xiajin berujar percobaannya sudah meningkatkan kecemasan di kalangan wartawan. Tetapi, baginya, robot cerdas tak sepenuhnya bisa menggantikan atau mengambil alih pekerjaan wartawan.

“Robot masih belum dapat mengendalikan wawancara tatap muka dan bereaksi dengan pertanyaan susulan. Ia juga tak mempunyai kemampuan memilih berita berdasarkan wawancara atau pembicaraan,” katanya.

Cina sebelumnya juga pernah mengaplikasikan tehnologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam dunia jurnalisme. Toutiao News menggunakan jasa robot itu yang dinamakan Xiaomingbot. Robot itu membuat 450 artikel laporan penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016.

Adapun teknologi AI dalam penulisan berita pertama kali diterapkan pada 2014 oleh Los Angeles Times. Ketika itu robot membuat artikel berkaitan dengan bencana gempa bumi di California.

Written by 

Related posts