Search

40 Turis Asal Thailand Menjadi Sandera di Myanmar

Alikanews.com – Sejumlah 40 turis asal Thailand dilaporkan menjadi sandera warga suku Karen di Myanmar. Kepolisian Kerajaan Thailand berujar, warga Karen menuntut pembebasan salah satu anggota mereka yang ditahan di Thailand.

Dikabarkan Straits Times, Minggu (22/1/2017), para turis itu ditangkap di wilayah Myanmar. Tetapi, sebagian turis sudah dibebaskan setelah pihak berwenang Thailand melakukan negosiasi dengan suku Karen.

Pada Rabu, 18 Januari 2017, Kepolisian Kerajaan Thailand menangkap seorang warga Karen yang diduga terlibat dalam penyelundupan manusia. Namun, suku Karen yang menangkap para turis yakin bahwa anggota mereka tidak bersalah.

Suku Karen yaitu kelompok masyarakat yang tinggal di Provinsi Karen di selatan dan tenggara Myanmar. Sejumlah besar dari suku ini sudah bermigrasi ke Thailand dan tinggal di wilayah perbatasan kedua negara.

Sebagian suku Karen yang dipimpin oleh Persatuan Nasional Karen (KNU) menyatakan perang pada Pemerintah Myanmar sejak 1949. Mereka menuntut kemerdekaan dari Myanmar.

Written by 

Related posts