Search

Peringatan Tsunami di Papua Nugini Dicabut

Alikanews.com – Wilayah Arawa, Papua Nugini, diguncang gempa dahsyat berkekuatan 8, 00 Skala Richter (SR). Gempa itu memicu peringatan tsunami di wilayah Samudera Pasifik, termasuk Indonesia. Titik pusat gempa berada sejauh 147 km dari Arawa dan berada pada kedalaman 154 km.

Peringatan tsunami sudah dicabut oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Tetapi demikian, diprediksikan terjadi gelombang pasang air laut setinggi 0, 3 – 1 meter di wilayah pantai Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Dengan begitu Nauru, Pohnpei, Kosrae, Vanuatu, Chuuk, serta Indonesia dipastikan aman dari gempa.

“Dikarenakan kedalaman titik pusat gempa, nampaknya tak akan ada aktivitas tsunami yang signifikan,” tutur Wakil Direktur Kantor Penelitian Geofisika Papua Nugini, Chris McKee, sebagaimana dimuat Reuters, Minggu (22/1/2017).

Chris McKee menambahkan, sejauh ini belum ada laporan kerusakan dari titik pusat gempa yang diketahui wilayah yang tidak padat masyarakat. Australia dan Selandia Baru juga menjelaskan sudah mengetahui ancaman itu. Menurut keduanya, gempa itu tidak mengancam wilayah pantai mereka.

Written by 

Related posts