Search

Di Kabupaten Indramayu, ada Sekitar 4 Kecamatan yang Digenangi Air Hingga 40 cm

Alikanews.com – Di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, tergenang air hingga 40 cm. Ada sebanyak 4 kecamatan yang tergenang air. Selain rumah, air juga menggenangi beberapa persawahan milik warga.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan sedikitnya ada 4 kecamatan yang terkena genangan air itu. Puluhan rumah diperkirakan terdampak kejadian yang terjadi pada Minggu (22/1) ini.

Keempat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Gabus Wetan, Kecamatan Kroya, Kecamatan Losarang dan Kecamatan Indramayu. Penyebab banjir di empat kecamatan tersebut berbeda-beda.

“(Di Kecamatan Gabus Wetan) banjir terjadi di Desa Babakan Jaya, Blok Kandanghaur, Rt.04/01. Air menggenangi rumah warga setinggi 10-15 cm sebanyak 25 rumah. Desa Gabuskulon, Blok Kedungwaru, RT 14/06. Jumlah rumah terdampak masih didata. Desa Druntenwetan, Blok Kedungwaru. Rumah terdampak masih didata,” kata Yusri, Minggu (22/1/2017).

Yusri mengatakan hingga saat ini ada sekitar 5 hektar sawah yang masih digenangi air setinggi 15-20 cm. Sementara rumah warga digenangi air setinggi 10-15 cm.

Sementara di Kecamatan Kroya genangan air terjadi karena luapan air dari sungai Cibenoang kiriman dari hulu yang membentang di Blok Bangong Desa Tanjungkerta. Air merendam hingga 40 cm pada 1 hektar sawah.

“Air sudah mulai surut atau reda,” kata Yusri.

Air juga menggenangi beberapa titik lainnya sampai ke persawahan yang menjadi perbatasan Desa Telukagung dengan Desa Lobener Kecamatan Jatibarang seluas 4 hektar. Dari kebanjiran tersebut dilaporkan tidak ada korban jiwa.

“Upaya yang dilakukan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Indramayu bersama-sama dengan Siaga bencana Polres Indramayu menuju lokasi banjir. Melakukan pendataan kerugian maupun korban serta lokasi pengungsian korban banjir dan pengawasan melekat intensitas debit air pada pintu-pintu air yang menjadi indikator bahaya banjir,” tutur Yusri.

 

Sumber : detik.com

Written by 

Related posts