Search

Perbedan Mual Karena Hamil Dan Maag Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Mual yaitu suatu kondisi dimana seseorang punyai perasaan mendesak dan tidak nyaman sebelum akan muntah, akan tetapi tidak selalu terjadi muntah. Mual setelah makan bisa disebabkan karena berbagai keadaan, seperti setelah makan makanan tertentu. Hal semacam ini bisa terjadi baik pada anak-anak dan orang dewasa.

Karakteristik Mual Karena Kehamilan

  1. Mual yang disebabkan oleh kehamilan yaitu pengaruh hormonal.
  2. Mual karena kehamilan bisa terjadi saat bau dapur dan bau ofensif. Tidak seperti mual karena maag disebabkan oleh salah satu dari makanan yang dikonsumsi.
  3. Mual yang disebabkan oleh kehamilan akan muncul terus menerus bahkan bisa sampai tiga bulan.
  4. Kebanyakan mual kehamilan terjadi saat pagi dan sore hari.
  5. Mual Kehamilan disertai pusing.
  6. Mual karena kehamilan bisa menyebabkan infeksi tenggorokan dan infeksi perut.

Membedakan Mual Hamil dan Maag

Biasanya, mual dan ingin muntah pada ibu hamil akibat peningkatan hormon beta-HCG di produksi oleh korpus luteum kehamilan dimana puncak terjadi pada usia kehamilan 3 bulan (11-13 minggu).

Secara bertahap mual dan ingin muntah akan mulai menurun saat usia masuk sampai 18 minggu kehamilan lantaran umumnya mual tidak lagi karena plasenta (ari-ari) telah mengambil alih fungsi korpus luteum.

Mual selama kehamilan tidak terkait dengan akhir makan atau tidak makan secara teratur. Pada ulkus, setelah asam lambung netral dan makanan dapat masuk alias perut diisi, ulkus segera diperbaiki.

Bagaimana membedakan mual karena kehamilan dan juga mual karena maag bisa di lihat dari karakteristiknya. Wanita hamil diharapkan tahu lebih banyak tentang dirinya. Yaitu mual pada pagi hari atau dapat terjadi kapan saja. Mual saat mencium bau atau mual setelah makan makanan tertentu.

Dengan pemahaman tersebut akan memungkinkan ibu hamil untuk mencari tahu dimana mual karena kehamilan dan mana mual yang dikarenakan oleh kekambuhan ulkus. Muntah, yang biasanya mengikuti mual, yaitu tindakan yang tidak terkendali dan semburan besar isi perut. Hal semacam ini terjadi saat otot-otot di sfingter esofagus bagian bawah melemaskan dan otot-otot dinding perut tiba-tiba mengerut perut menekan.

Karakteristik Mual Karena Maag

Perbedaan mulas hamil dan mual bisa dilihat dari, karakteristik wanita yang mengalami mual karena maag, seperti berikut :

1. Hormonal
Mual disebabkan oleh ulkus bukanlah kondisi hormonal.

2. Tidak setiap hari
Mual untuk maag tidak terjadi terus menerus, umpamanya hanya hari ini mual dan hari berikutnya tidak.

3. Waktu Mual
Mual bisa terjadi setiap saat baik siang, pagi bahkan malam. Jika wanita hamil mengalami mual karena kehamilan, mual sering terjadi saat pagi dan sore hari.

4. Saat makan sesuatu
Ketika mengalami sakit maag, bisa dideteksi dengan makan sesuatu, misalnya, baru saja selesai makan makanan pedas, panas, asam dan berminyak.

5. Mual disertai nyeri di usus
Berbeda dengan mual selama kehamilan, yang tidak menyebabkan nyeri di ulu hati.

Demikianlah perbedaan mual karena hamil dam maag yang perlu anda ketahui. Semoga infonya bermanfaat dan berguna.

Written by 

Related posts