Search

Penyebab Dan Cara Mengatasi Mata Minus Secara Alami

Alikanews.com – Kondisi mata yang minus, atau dikenal juga sebagai rabun jauh tentu akan mengganggu aktivitas. Bahkan pada ukuran minus yang tinggi, anda harus memakai alat bantu, seperti kacamata dan lensa kontak untuk bisa melihat dengan jelas. Namun memakai alat bantu tidak selamanya praktis.

Misalnya kacamata yang tidak bisa digunakan saat anda bergerak sangat aktif, seperti saat olahraga. Juga lensa kontak yang memerlukan perawatan khusus, makanya alangkah baiknya minus pada mata disembuhkan. Sebelumnya membahas cara mengatasi mata minus, berikut beberapa penyebabnya yang perlu anda ketahui :

Penyebab Mata Minus :

  • Genetik atau faktor keturunan
    Anak yang dilahirkan dari orangtua yang punyai bola mata yang lebih panjang dari mata normal, biasanya dapat memiliki mata minus karena keturunan.
  • Kebiasaan buruk
    Hal buruk yang merusak mata dan sudah jadi kebiasaan banyak orang, salah satunya yakni menatap monitor komputer atau gadget terlalu lama, membaca sambil tiduran, dan membaca pada tempat yang kurang cahaya.
  • Kurang nutrisi
    Nutrisi untuk kesehatan mata dari dalam seperti vitamin A yang kurang diperhatikan, juga menjadi penyebab berkurangnya kemampuan mata untuk memandang objek jauh dengan jelas.
  • Penyakit
    Penyakit spesifik dapat juga menyebabkan daya pandangan menyusut, umpamanya glukoma atau penyakit yang terkait dengan syaraf mata.

Cara Mengatasi Mata Minus

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara mengatasi mata minus secara alami yang dapat anda lakukan :

1. Mengalihkan objek pandangan

Jika anda dituntut untuk terus bekerja menatap layar komputer, upayakanlah mengubah pandangan anda pada objek yang lain. Ini bertujuan untuk melenturkan otot mata yang kaku. Atau bisa juga berhenti menatap layar monitor setiap 30 menit sekali.

2. Senam mata

Cara mengatasi mata minus ini bisa dikerjakan dengan mengubah objek pandangan anda dari yang dekat ke objek yang jauh, dan fokuskan pandangan anda. Lakukan secara teratur supaya otot mata selalu lentur.

3. Melihat objek berwarna hijau

Anda dapat sesekali pergi berjalan-jalan didaerah pegunungan atau tempat yang rimbun pepohonan. Menurut penelitian, warna hijau baik dampaknya untuk mata anda. Memandang alam yang hijau juga baik untuk relaksasi dan menghilangkan stress.

4. Daun sirih

Cara mengatasi mata minus yang sangat sederhana yaitu dengan mengambil 2 lembar daun sirih, cuci bersih, dan tempelkan pada ke-2 mata anda sebelum tidur atau saat istirahat santai. Untuk hasil optimal, jalankan cara barusan setiap hari.

5. Perhatikan nutrisi untuk mata

Vitamin A, vitamin C, dan vitamin E begitu baik untuk kesehatan mata. Anda dapat mulai memakai makanan yang mengandung vitamin tersebut . Misalnya wortel, jeruk, pepaya, tomat, hati ayam atau sapi, dan minyak zaitun.

Selamat mencoba cara mengatasi mata minus diatas, dan mudah-mudahan bisa membantu mengatasi masalah mata minus yang anda alami saat ini.

Baca : Tips menjaga kesehatan mata agar tetap sehat

Written by 

Related posts