Search

Ketahuilah, 3 Penyakit Yang Mudah Menyerang Bayi Dan Belita

Alikanews.com – Indonesia termasuk suatu negara yang ada pada daerah iklim tropis. Lantaran kondisi geografis Indonesia yang berada pada daerah iklim tropis inilah menyebabkan Indonesia memiliki banyak variasi mikroorganisme penyebab penyakit lebih beragam dibandingkan negara lainnya yang tidak memiliki iklim tropis.

Bila dibanding dengan orang dewasa, variasi mikroorganisme yang memicu penyakit yang ada ini lebih rentan menyerang bayi dan balita. Karenanya dibutuhkan perhatian yang serius dari orangtua pada kesehatan bayi dan balita agar dirinya tidak mudah terserang oleh penyakit. Pemberian ASI juga perlu dimaksimalkan agar sistem imun pada badan bayi dan balita lebih kuat. Pemahaman tentang penyakit juga sangat perlu dimiliki ayah dan bunda, agar jika terjadi gangguan kesehatan pada bayi dan balita ayah dan bunda bisa segera menanganinya dengan baik.

Penyakit yang mudah menyerang badan bayi dan balita ada banyak sekali ragamnya. Beberapa ragam penyakit salah satunya ada yang ringan dan terkadang dianggap biasa, namun ayah dan bunda mesti waspada karena penyakit ringan ini bisa menyebabkan dampak yang beresiko untuk bayi dan balita bila tidak ditangani dengan baik.

Penyakit Apa Sajakah yang Mudah Menyerang Bayi dan Balita?

Di antara ragam penyakit yang mudah menyerang organ badan manusia, terdapat banyak penyakit yang mudah menyerang badan bayi dan balita. Ragam penyakit itu tidak ayal dianggap biasa lantaran tidak memberi dampak serius bila penyakit ini menyerang orang dewasa. Akan tetapi tentu saja dibutuhkan perhatian yang serius bila penyakit itu menyerang bayi dan balita.

1. Diare

Penyakit diare bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor penyebab penyakit diare pada bayi dan balita salah satunya adalah infeksi bakteri, tidak cocok dengan susu yang dikonsumsi, terlalu banyak minum susu botol dan masih banyak lagi.

Ketika anak anda mengalami penyakit diare, yang perlu anda lakukan yaitu perbanyak asupan oralit, setelah itu bila dalam 24 jam anak anda tidak kunjung sembuh, selekasnya menghubungi dokter.

2. Ruam

Seringkali bayi mengalami ruam. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan ruam pada bayi seperti kulit kering, infeksi maupun alergi. Ruam popok yaitu jenis ruam yang sering dihadapi oleh bayi. Untuk itu, guna menghindari bayi atau balita terserang penyakit ruam, khususnya ruam popok jangan mengenakan pakaian basah pada bayi atau balita. Gunakan juga lotion agar kulit bayi atau balita tidak kering.

3. Sembelit

Amati ketika bayi anda buang air besar. Bila bayi menangis saat buang air besar bisa jadi bayi atau balita mengalami sembelit. Saat bayi atau balita mengalami sembelit anda bisa atasi dengan ASI maupun jus buah.

Itulah 3 penyakit yang mudah menyrang bayi dan balita. Semoga infomasi yang kami berikan ini bsia bermanfaat dan berguna ya.

Written by 

Related posts