Search

Cara Efektif Mengobati Dan Mencegah Telinga Berair

Alikanews.com – Cairan yang keluar dari telinga dalam dunia medis biasa disebut dengan otorrea. Cairan yang keluar dari telinga ini terjadi lantaran telinga sedang melakukan pembersihan secara alami. Cairan yang keluar dari telinga bisa juga dipicu oleh infeksi yang terjadi pada telinga, infeksi ini dapat menyebabkan hal yang serius pada telinga.

Untuk itu akan lebih jika Anda memeriksakan telinga Anda ke dokter setiap beberapa bulan sekali. Bila anda mengalami masalah telinga berair, berikut adalah beberapa cara mengobati telinga berair yang dapat dilakukan.

Mengobati Telinga Berair

1. Gunakan cotton but

Saat memanfaatkan cotton but untuk membersihkan telinga yang berair, sebaiknya lakukan dengan pelan dan jangan sampai cotton but masuk terlalu dalam ke telinga. Pilihlah cotton but yang ujung kapasnya kecil jangan terlalu besar, karena akan melukai telinga jika ditunaikan dengan keras dan terlalu cepat.

2. Menggunakan kapas

Cara mengobati telinga berair ini dilakukan lewat cara membasahi kapas menggunakan air hangat lalu diperas. Kemudian pakai untuk membersihkan telinga. Lakukan kegiatan ini dengan pelan dan jangan terlalu cepat agar tidak melukai telinga.

3. Menggunakan bunga mullein dan minyak zaitun

Campur bunga mullein dan minyak zaitun menjadi satu, setelah itu diamkan hingga semalaman. Setelah di diamkan semalam gunakan obat ini dan tetes kan pada telinga. Ingat saat meneteskan sedikit saja dan jangan berlebihan. Teteskan satu sampai dua tetes.

4. Menggunakan bawang putih

Bawang putih selain dijadikan sebagai bumbu masakan dan obat jerawat dapat juga digunakan untuk mengobati telinga berair. Cara mengobati telinga berair dengan bawang putih yakni siapkan beberapa siung bawang putih yang sudah dibersihkan lalu rebus hingga lunak. Ambillah minyaknya, setelah itu teteskan minyak itu pada kapas dan pakai untuk membersihkan telinga. Lakukan kegiatan ini selama 2 x dalam sehari, khususnya pada saat menjelang tidur supaya hasilnya lebih optimal.

5. Menggunakan obat tetes

Pakai obat tetes khusus untuk mengobati telinga berair yang bisa Anda beli di apotek terdekat. Obat ini efektif dapat mengatasi telinga berair dengan cepat dan optimal. Biasanya dalam kemasan obat itu akan diberikan petunjuk berapa banyak yang perlu diteteskan dan kapan waktunya. Obat tetes ini bisa Anda dapatkan di apotek atau toko yang menjual obat-obatan.

Mencegah Teliga Berair

Mengorek telinga dengan benda yang tidak dianjurkan seperti menggunakan lidi atau bulu ayam bisa melukai telinga, sehingga membuat telinga berair jadi tambah buruk. Karenanya hindari mengorek telinga tersebut . Bila mengorek telinga menggunakan lidi ditakutkan lidi tersebut sudah terkontaminasi dengan bakteri, sehingga sudah tidak higienis lagi.

Saat membersihkan telinga sebaiknya bersihkan di bagian daun telinganya saja, jangan hingga terlalu dalam karena akan beresiko bisa merusak gendang telinga. Bersihkanlah telinga secara teratur agar terhindari berbagai macam gangguan pada telinga.

Semoga informasinya bermanfaat dan berguna.

Written by 

Related posts