Search

7 Obat Tradisional Mengatasi Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Alikanews.com – Sakit gigi kebanyakan disebabkan karena gigi berlubang yang terinfeksi bakteri kemudian membuat gusi bengkak. Kondisi ini begitu mengganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan, buat anda yang tengah mencari cara mengatasinya. Berikut ini yaitu 7 obat tradisional gusi bengkak karena gigi berlubang yang dapat anda gunakan :

1. Bawang Putih

Obat gusi bengkak karena gigi berlubang yang pertama adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Gigi berlubang sebagai sebab awal gusi bengkak biasanya disebabkan karena bakteri, bawang putih bersifat antibiotik pada kuman itu dan mengobati nyeri yang muncul pada gusi bengkak. Caranya, tumbuk bawang putih lalu campurkan dengan cengkeh serta lada hitam lalu dioleskan pada gigi yang berlubang secara teratur setiap harinya.

2. Garam dan Lada

Campuran ke-2 bahan ini efektif untuk membunuh bakteri pada gigi berlubang juga meredakan gusi bengkak dan sakit yang timbul. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan lada dan garam dengan sedikit air, setelah berbentuk pasta kental, oles pada bagian yang diperlukan dan diamkan beberapa menit supaya meresap.

3. Cengkeh

Sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, anti bakteri, dan anestesi yang dimiliki cengkeh membuat bahan ini begitu mujarab digunakan sebagai obat gusi bengkak karena gigi berlubang. Bakteri akan terbunuh serta rasa sakit segera hilang setelah menggunakan cengkeh.

Caranya, giling cengkeh lalu campurkan minyak zaitun secukupnya, aplikasikan pasta ini pada gusi dan gigi yang sakit setiap hari sampai gusi bengkak mereda.

4. Air Garam

Gunakanlah air garam hangat untuk berkumur 2 x sehari, ini efektif untuk membunuh kuman dan meredakan gusi bengkak. Obat gusi bengkak karena gigi berlubang ini sangat praktis dan mudah, anda cuma perlu mencampurkan 1 sendok makan garam dengan segelas air hangat lalu kumur-kumur selama beberapa saat. Ulangilah 2 kali 1 hari sampai sakit mereda

5. Lemon

Lemon ternyata dapat juga anda manfaatkan untuk dijadikan obat gusi bengkak karena gigi berlubang, caranya campurkan air perasan ½ buah lemon dengan ½ gelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 2 kali sehari sampai rasa sakit hilang.

6. Bawang Bombay

Bawang jenis ini ternyata juga ampuh meredakan gusi bengkak karena sakit gigi yang sakitnya menyiksa karena sifat antimikroba dan antiseptik yang dimiliki bawang Bombay. Untuk membuatnya sebagai obat gusi bengkak dikarenakan gigi berlubang anda hanya perlu menghaluskannya lalu ditempelkan pada gusi yang bengkak dan gigi yang berlubang.

7. Rajin Menyikat Gigi

Selain cara di atas, kebersihan gigi pastilah harus diutamakan. Caranya dengan menyikat gigi dengan teratur minimal 2 kali sehari hal ini guna menyingkirkan sisa makanan yang melekat pada gigi dan biasanya menimbulkan karang gigi. Sikatlah gigi dan gusi dengan sikat yang punyai bulu halus jangan menyikat terlalu kasar sebab hal itu malah bisa melukai.

Nah, itulah 7 obat alami mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang. Semoga bisa bermanfaat dan berguna ya.

Baca juga : 4 tips jitu mengatasi sakit gigi yang dapat anda terapkan

Written by 

Related posts