Search

Cara Tepat Merawat Gigi Palsu Yang Dapat Anda Aplikasikan

Alikanews.com – Banyak orang yang memutuskan menggunakan gigi palsu dengan alasannya masing-masing, ada yang menggunakannya untuk menunjang penampilan supaya tetap percaya diri, dan ada juga yang menggunakannya untuk memaksimalkan kembali fungsi gigi dalam mengunyah makanan. Penggunaan gigi palsu bukanlah hal yang salah, tetapi penggunanya tetap mesti memperhatikan cara merawat gigi palsu dengan baik. Gigi palsu begitu penting untuk dirawat karena bila salah dalam perawatan, akan menumpuk bakteri dalam rongga mulut dan terbawa masuk ke pencernaan anda.

Di bawah ini yaitu beberapa cara merawat gigi palsu yan dapat anda aplikasikan :

1. Hindari Menggunakan Pasta Gigi

Gigi dan gigi palsu yaitu dua hal yang berbeda, termasuk penggunaan pasta gigi sebagai pembersihnya. Menghindari pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu adalah salah satu cara merawat gigi palsu, sebab bahan tertentu dari pasta gigi justru dapat merusak dan mengikis permukaan gigi palsu anda.

2. Pembersih Khusus

Sebagai ganti dari menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu, gunakanlah pembersih khusus yang biasanya sudah direkomendasikan oleh dokter gigi saat anda membuat gigi palsu sebagai cara merawat gigi palsu anda. Dan ingat untuk tidak memilih sembarang pembersih gigi palsu.

3. Pemakaian Sikat Gigi yang Tepat

Cara merawat gigi palsu selanjutnya dilakukan dengan memilih sikat gigi yang tepat, janganlah berpendapat kalau bulu sikat yang kasar dapat membersihkan gigi palsu dengan lebih maksimal. Kenyataannya penggunaan sikat yang kasar malah dapat menggores permukaan gigi palsu dan membuat teksturnya jadi kasar karenanya pilihlah sikat dengan bulu yang lembut.

4. Jaga Kebersihan Gigi Palsu

Setiap kali akan digunakan, bersihkan terlebih dulu gigi palsu agar benar-benar bebas dari kuman supaya mulut tetap terjaga kebersihannya, demikian pula saat melepasnya bersihkan kembali dan jangan letakkan di sembarang tempat untuk menahan terkontaminasi oleh bakteri.

5. Hilangkan Sisa Makanan

Tidak hanya pada gigi asli saja, ternyata sisa makanan yang ketinggalan pada gigi palsu juga berdampak buruk. Sisa makanan yang dibiarkan menempel dapat menjadi sarang bakteri dan lama kelamaan dapat merusak permukaan gigi palsu. Oleh karenanya, hal ini tidak bisa di hilangkan dari daftar cara merawat gigi palsu anda.

6. Merendam dengan Air

Gigi palsu perlu di rendam di air saat dilepas, hal semacam ini dimaksudkan supaya gigi palsu selalu lembab dan terhindar dari kekeringan karena memang sifat bahan pembuatnya yang mudah panas.

7. Lepas 6 Jam Per Hari

Membiarkan mulut anda bebas dari gigi palsu selama 6 jam perharinya adalah cara merawat gigi palsu yang disarankan. Selain melepas gigi palsu selama 6 jam /hari gantilah juga gigi palsu setiap 5 tahun sekali untuk menjaga gigi palsu tetap dalam keadaan baik karena anda telah menggunakannya setiap harinya.

Demikianlah cara tepat merawat gigi palsu yang dapat anda aplikasikan. Semoga informasinya bsia bermanfaat. Jangan lupa baca juga : 5 tips memutihkan gigi secara alami

Written by 

Related posts