Search

4 Tips Memilih Pasta Gigi Yang Tepat Untuk Gigi Berlubang

Alikanews.com – Memilih pasta gigi sebenarnya tidak bisa asal-asalan dan bahkan dalam satu rumah dapat disediakan lebih dari 1 pasta gigi tergantung kebutuhan anggota keluarga, ini dikarenakan mungkin ada yang memiliki gigi sensitif dan perlu pasta gigi pribadi. Ada pula yang giginya berlubang dan perlu pasta gigi yang dapat membantu memperbaiki gigi. Buat anda yang memiliki gigi berlubang, di bawah ini yaitu 4 tips memilih pasta gigi untuk gigi berlubang anda :

1. Pilih Pasta Gigi yang Sudah Memiliki Izin

Tips memilih pasta gigi untuk gigi berlubang yang pertama dengan menentukan pasta gigi yang akan anda beli yaitu sudah memiliki izin yang resmi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), BPOM, atau American Dental Assosiation (ADA). Pasta gigi yang telah mengantongi izin berarti telah aman dan fluoride yang terkandung di dalamnya masih dalam batas standar.

2. Pasta Gigi dengan Sedikit Busa

Busa yang timbul saat anda menyikat gigi yaitu indikasi banyak atau sedikitnya detergen yang terkandung di dalamnya. Penggunaan detergen yang terlalu banyak dalam pasta gigi tentunya tidak baik terlebih jika sampai tertelan. Sehingga memilih pasta gigi dengan sedikit busa menjadi tips memilih pasta gigi untuk gigi berlubang.

3. Pasta Gigi Anti Karang Gigi

Karang atau karies gigi muncul lantaran plak yang menempel pada gigi terus menumpuk. Plak sendiri yaitu kotoran asam yang dihasilkan ketika bakteri yang ada dalam mulut anda mengurai sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar, karena itu rajinlah menggosok gigi pada waktu yang dianjurkan yaitu 2 x sehari dan jika perlu ditambah dengan obat kumur.

Pasta gigi pembersih karang gigi bisa jadi pilihan dalam tips memilih pasta gigi untuk gigi berlubang. Selain fluoride dalam pasta gigi ini juga terdapat bahan kimia pirofosfat dan zinc citrate yang bekerja mencegah timbulnya karang atau karies gigi serta antibiotik triclosannya juga membunuh bakteri dalam mulut.

4. Pilih Pasta Gigi Ber-flouride

Meskipun semua pasta gigi telah mengandung fluoride tetapi kadarnya tidak sama pada pasta gigi merk satu dengan yang lain. Flouride berperan dalam perlindungan gigi pada asam di dalam rongga mulut. Biasanya setelah makan, lama-kelamaan mulut anda terasa asam bukan. Rasa asam ini muncul karena sisa makanan yang masih menempel pada sela gigi diurai oleh bakteri dalam mulut, bahayanya asam ini dapat menyebabkan plak pada gigi yang bila dibiarkan akan menyebabkan munculnya karang gigi (gigi berlubang). Karena itu, fluoride diperlukan untuk menguatkan gigi dan melindungi gigi dari lubang yang mulai muncul pada gigi.

Itulah 4 tips memilih pasta gigi yag tepat untuk gigi berlubang. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna.

Written by 

Related posts