Search

Ukraina Sita Pesawat Kargo yang akan Diterbangkan ke Iran

Alikanews.com – Pemerintah Ukraina menyita pesawat kargo yang berisi peluru kendali anti-tank buatan Rusia yang akan diterbangkan ke Iran. Pesawat tersebut peluru kendali disita di bandara Zhulyany di Kiev, ibu kota Ukraina.

Sebagaimana yang dikutip Al Arabiyah pada 22 Januari 2017, pesawat berisi peluru kendali ditemukan oleh polisi perbatasan Ukraina di bandara Kiev dalam pemeriksaan 17 container yang tak terdaftar dalam manifesto kargo penerbangan itu.

Seorang juru bicara polisi menerangkan, tiga container diantaranya ditemukan menyimpan rudal yang ringan, inframerah peluru kendali anti-tank. Sementara sisanya berisi suku cadang pesawat.

Sepanjang penyelidikan terhadap anggota kru pesawat itu yang berasal dari Iran dan Ukraina, belum didapat keterangan mengenai pengiriman senjata itu. Kru pesawat dinilai melanggar hukum internasional mengenai transportasi barang dan senjata.

Sanksi PBB terhadap Iran dicabut tahun lalu dibawah kesepakatan yang dibuat dengan Inggris, Perancis, Jerman, Cina, Rusia, Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk mengekang program nuklirnya. Namun Iran masih dikenakan  embargo senjata dan pembatasan lainnya, yang secara teknis bukan bagian dari kesepakatan nuklir.

Written by 

Related posts