Search

8 Cara Jitu Mencegah Gigi Berlubang Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Masalah gigi berlubang memang jadi permasalahan yang paling banyak ditemukan pada keluhan masalah rongga mulut. Gigi berlubang paling banyak menyerang anak-anak tetapi orang dewasa juga rentan terserang jika tidak bisa menjaga kesehatan gigi.

Baca : 4 tips memilih pasta gigi yang tepat untuk gigi berlubang

Rasa sakit gemilang dapat ditimbulkan saat sakit gigi berlubang ini sedang kambuh hingga gusi bengkak dan mengganggu aktivitas, berikut ini yaitu 8 cara jitu mencegah gigi berlubang :

1. Gosok Gigi Teratur

Meskipun cara mencegah gigi berlubang ini terkesan klasik dan sudah sering didengar tetapi tidak semua orang bisa menjalankannya. Menggosok gigi yang dianjurkan yaitu 2 kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur sedangkan pada beberapa orang pada malam hari sudah lelah serta malas menyikat gigi padahal gigi yang kotor dapat membentuk plak dan lama-kelamaan jadi karies gigi.

2. Obat Kumur

Meski sudah menggosok gigi biasanya ada bagian tersembunyi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat sehingga pembersihan gigi dan rongga mulut tidak maksimal. Jadi menggunakan obat kumur yaitu pilihan yang bijak sebagai cara mencegah gigi berlubang.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam mungkin saja alternatif cara mencegah gigi berlubang, selain menggunakan obat kumur karena garam bersifat antiseptik. Caranya juga begitu mudah anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan garam dengan segelas air hangat serta digunakan untuk berkumur. Cara ini juga efektif untuk meredakan sakit lantaran gigi berlubang dan gusi bengkak yang sudah terlanjur terjadi.

4. Permen Karet

Jika anda punya kegemaran mengunyah permen karet ini juga bisa membantu menghindarkan anda dari gigi berlubang, dengan catatan permen karet yang dikunyah yaitu permen karet bebas gula. Permen karet bisa membantu mengangkat sisa makanan yang masuk melekat pada gigi dan merangsang produksi liur di mana liur itu berperan dalam menjaga kesehatan rongga mulut.

5. Minum Minuman Bersoda dengan Sedotan

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi yaitu hal yang buruk untuk kesehatan gigi sebab bersifat erosif dan merusak lapisan enamel gigi. Pilihan lainnya jika anda tetap ingin menikmati minuman bersoda adalah menggunakan sedotan, dengan cara mencegah gigi berlubang ini air yang masuk melalui mulut akan lebih jauh dari gigi.

6. Pilih Pasta Gigi dengan Flouride

Kandungan fluoride dalam pasta gigi tertentu dapat membantu mengganti mineral gigi yang sebelumnya hilang karena pengaruh asam. Sehingga gigi yang tadinya akan berlubang tertutup kembali.

7. Hindari Makanan Lengket

Makanan yang lengket seumpama roti dan daging dapat dengan mudah menempel serta tertinggal di permukaan gigi sehingga bisa menyebabkan timbulnya plak. Cara lain untuk dapat tetap menikmati makanan-makanan berikut adalah dengan membersihkan gigi seusai mengonsumsinya.

8. Kurangi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Makanan seperti permen, cokelat, atau gulali begitu berpengaruh dalam pengeroposan gigi dan membuat lubang di sana. Karena itu kurangilah makanan manis sebagai cara mencegah gigi berlubang dan membiasakan sejak dini pada anak yang biasanya sangat suka makanan manis.

Demikianlah 8 cara jitu mencegah gigi berlubang yang perlu anda ketahui. Semoga informasinya bisa bermanfaat dan berguna.

Baca juga : 7 obat tradisional mengatasi gusi bengkak karena gigi berlubang

Written by 

Related posts