Search

5 Cara Tepat Dan Mudah Merawat Gigi Berbehel

Alikanews.com – Saat ini, penggunaan behel atau kawat gigi seolah tengah menjadi tren. Sudah tidak aneh lagi jika anda melihat orang berbehel, karena sekarang kawat gigi sudah bermacam motif dan warnanya yang cantik, berbagai sebab orang memasang behel, entah untuk merapikan gigi atau sekedar fashion saja. Memakai behel sebenarnya tak masalah, yang jadi masalah adalah jika orang tak mengetahui betul cara merawat gigi berbehel. Sehingga gigi justru rawan kerusakan.

Berikut ini yaitu 5 cara tepat dan mudah merawat gigi berbehel yang bisa anda lakukan :

1. Menyikat Gigi

Cara merawat gigi berbehel tidak dapat lepas dari menyikat gigi, sebab gigi berbehel mesti selalu dijaga kebersihannya. Saat menyikat gigi gunakanlah sikat gigi orthodontik, yaitu sikat gigi yang bulunya lebih halus sehingga bisa menjangkau jauh ke sela gigi. Sikatlah gigi tanpa pasta gigi terlebih dulu guna menghalau sisa makanan yang masih menempel, setelah itu baru gunakan pasta gigi agar gigi selalu bersih dan putih.

2. Benang Gigi dan Obat Kumur

Penggunaan ke-2 pembersih gigi ini adalah hal yang penting juga dalam cara merawat gigi berbehel. Sebab terkadang menyikat gigi saja tidaklah cukup untuk membersihkan seluruh kotoran didalam gigi, terutama ditempat yang sulit dijangkau sikat gigi. Kotoran yang bertumpuk ini bila dibiarkan dapat memicu terbentuknya karang pada gigi anda. Gunakanlah benang gigi sambil bercermin agar tau daerah mana yang masih kotor, setelah itu baru berkumur dengan obat kumur yang dianjurkan dokter untuk gigi berbehel.

3. Konsultasi Rutin pada Dokter Gigi

Cara merawat gigi berbehel selanjutnya yaitu dengan konsultasi rutin pada dokter gigi. Untuk orang yang tengah menjalani perawatan gigi agar rapi menggunakan behel, disarankan paling tidak sekali dalam 6 bulan untuk konsultasi dengan dokter gigi. Sampaikanlah apa yang menjadi keluhan anda dan tidak bisa anda atasi karena memang setiap orang punya masalahnya masing-masing agar dokter bisa membantu mengatasinya.

4. Jauhi Permen Karet dan Gula

Karena sifat lengketnya permen karet yang anda konsumsi tentu saja dapat menempel pada kawat behel dan sela gigi. Konsumsi gula berlebihan dapat juga memicu berkembangnya bakteri pada sekitar kawat gigi juga menimbulkan flek pada behel dan gigi. Sehingga jauhilah ke-2 hal diatas sebagai cara merawat gigi berbehel.

5. Hindari Makanan Keras

Cara merawat gigi berbehel yang lain yaitu dengan hindari makanan keras. Makanan-makanan bertekstur keras sangat tidak disarankan untuk pengguna behel khususnya yang menggunakannya untuk merapikan gigi, sebab makanan keras itu bisa membuat posisi kawat berubah dari posisi yang seharusnya. Makanlah yang lunak dan mudah dikunyah dan jangan yang mudah menyangkut pada gigi misalnya bakso urat dan daging sapi.

Sekian adalah sedikit penjelasan mengenai cara tepat dan mudah merawat gigi berbehel. Semoga info ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga : Cara tepat merawat gigi palsu

Written by 

Related posts