Search

5 Jenis Sayuran Sehat Untuk Ibu Hamil Dan Janin Dalam Kandungan

Alikanews.com – Ibu hamil mesti harus penuhi nutrisi untuk tubuhnya, salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran yang memiliki kandungan vitamin ataupun mineral. Vitamin dan mineral sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena baik untuk pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan. Di bawah ini 5 jenis sayuran sehat untuk ibu hamil yang dapat anda konsumsi, untuk kesehatan janin dalam kandungan :

1. Kedelai Jepang

Kedelai jepang memiliki kandungan senyawa fitoestrogen yang bisa menyembuhkan osteoporosisi. Tidak Hanya itu, kedelai jepang mengandung banyak kandungan gizi seperti kalium, protein, zat besi, fosfor, magnesium, riboflavin, vitamin K dan vitamin C. Kandungan itu mampu memberikan asupan yang baik untuk ibu hamil. Protein yang ada dalam kedelai jepang sangat tinggi, bahkan setara dengan kandungan protein yang ada di ikan, daging, dan ayam.

2. Labu siam

Labu siam adalah sayuran umum yang banyak dijumpai di Indonesia. Sayuran ini dapat tumbuh di lingkungan mana pun. Untuk ibu sangat disarankan untuk konsumsi labu siam sebab memiliki banyak fungsi dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Labu siam mengandung asam folat yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, asa folat ini akan menahan bayi terlahir cacat.

Ibu hamil yang sulit buang air besar, sebaiknya konsumsi labu siam. Dikarenakan labu siam mengandung serat baik untuk melancarkan pencernaan. Bahkan orang-orang yakin kalau labu siam mampu menahan timbulnya kanker. Sayuran yang baik untuk ibu hamil ini mengandung kalium tinggi dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.

3. Daun Katuk

Ibu hamil pasca melahirkan disarankan konsumsi daun katuk, karena daun katuk dapat memperlancar ASI yang ke luar. Daun katuk juga mengandung protein, zat besi, alkaloid, kalium, seskuiterna, fosfor, sterol, vitamin A, B1, dan vitamin C.

4. Kentang

Kentang adalah sayuran yang baik untuk ibu hamil dan bisa diolah menjadi beraneka macam masakan, dari mulai yang asin, manis, sampai pedas sekali. Kentang memiliki kandungan namasolanumtuberosum berlain-lainan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kentang juga dapat melancarkan pencernaan pada ibu hamil, karena teksturnya lembut. Karena kentang dapat dicerna dengan cepat oleh organ pencernaan. Oleh karena itu, ibu hamil yang sedang sembelit sebaiknya konsumsi kentang, namun ingat jangan sampai berlebihan.

Kentang yang mengandung karbohidrat ini ternyata dapat menurunkan berat tubuh. Kentang dapat menjadi pengganti nasi sebagai karbohidrat, ibu hamil yang mau menurunkan kelebihan berat tubuh sebab kehamilan, bisa konsumsi kentang. Mengkonsumsi kentang bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung, karena kentang memiliki kandungan karotenoid yang menjaga kesehatan jantung.

Kentang mengandung serat alami yang teramat baik, salah satunya untuk meningkatkan produksi insulin Dan juga menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tidak Hanya itu kentang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, karena memiliki kandungan vitamin B dan vitamin C.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung asam folat, fosfor, vitamin B1, magnesium, protein, mangan, kalium, dan tiamin. Kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau dapat mencegah bayi terlahir cacat dan dapat juga menunjang perkembangan saraf janin. Sayuran lain yang baik untuk ibu hamil dan mengandung asam folat yaitu brokoli, bayam, kacang kedelai, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah 5 jenis sayuran sehat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Semoga infonya bsia bermanfaat ya.

Baca juga :

Written by 

Related posts