Search

Tanda-Tanda Membahayakan Saat Sedang Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Alikanews.com – Pada kebanyakan ibu hamil berharap keadaan kehamilanya sehat dan tidak tersendat. Mengetahui gejala-gejala yg bisa dihadapi sewaktu proses kehamilan sampai proses persalinan kelak jadi sebuah aspek penting yang harus di perhatikan. Namun tidak hanya mengetahui hal di atas, ibu hamil sebaiknya mengetahui banyak gejala atau tanda-tanda membahaya saat sedang hamil.

Faktor ini mempunyai tujuan agar supaya ibu lebih waspada dalam beraktifitas sehari-hari, untuk menetralisir tanda-tanda yang tidak di inginkan pada kandungannya. Hal itu akan mendapatkan pertolongan medis dengan cepat bila hal buruk tidak diinginkan terjadi. Di bawah ini tanda-tanda membahayakan saat sedang hamil yang perlu anda ketahui untuk keselamatan ibu dan bayi.

1. Berlangsung pendarahan pada trisemester

Pendarahan pada periode kehamilan bisa bermacam-macam. Pendarahan yang parah dan disertai rasa sakit perut dan mengalami kram, yang berakibat seperti ingin pingsan hal itu dapat terjadi saat trisemester awal kehamilan yaitu tanda dari hamil di luar kandungan. Pendarahan seperti ini bisa berlangsung pada

ase apapun saat periode kehamilan berjalan. Oleh karenanya, seandainya anda mengalami gejala atau tanda itu, segera periksakan ke dokter kandungan secepatnya.

2. Muntah dan mual berlebihan atau hiperemesis gravidarum

Pada rata-rata ibu hami yang mengalami mual dan muntah biasa di alami saat masuk periode kehamilan 3 bulan pertamanya. Biasanya terjadi pada minggu ke 6 sesudah menstruasi terakhir dan akan terhenti setelah masuk minggu ke 10.

Namun bila anda mengalami mual dan muntah berlebihan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terlebih bila bertambah parah, yang akan menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Tidak Hanya itu, dapat pula menyebabkan organ hati rusak dan selaput lendir kerongkongan lambung akan robek. Sebaiknya bila itu terjadi segera menghubungi dokter untuk penangan yang tepat dan menghentikan rasa mual serta muntah berlebihan.

3. Pecahnya air ketuban

Bila anda tengah melakukan aktivitas seperti berjalan lalu ada air yang ke luar dari vagina dengan jumlah yang tidak sedikit, mungkin saja itu ialah air ketuban yang pecah. Bila anda masih kurang percaya akan hal itu, sebaiknya anda segera ke kamar mandi untuk memeriksanya. Bila cairan itu tetap mengalir sementara anda tidak merasakan sedang buang air kecil, maka itu dijamin air ketuban yang pecah. Segera menghubungi dokter supaya mendapatkan penanganan cepat biar tidak membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

4. Aktivitas kebiasaan janin menurun

Bayi rata rata bisa mengalami pergerakan normal banyaknya 10 kali tendangan dalam sehari bahkan lebih. Namun jika bayi yang biasanya aktif bergerak tiba-tiba berhenti berarti ada sesuatu masalah dalam kandungan anda. Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi bayi anda, dan mengetahui permasalahan yang terjadi didalam kandungan.

Demikian informasi mengenai beberapa tanda membahayakan saat sedang hamil, semoga dengan adanya info di atas, anda bisa lebih waspada menjaga kesehatan bayi anda yang ada pada kandungan.

Written by 

Related posts