Search

9 Faktor Penyebab Sering Sakit Kepala

Alikanews.com – Sakit kepala yaitu suatu kondisi di mana terjadi rasa sakit di bagian kepala. Sakit kepala dapat disebabkan karena banyak hal. Penyebab sakit kepala bisa anda ketahui dari karakter sakit kepala tersebut. Sakit kepala sangat mengganggu dan menyiksa, dengan mengetahui penyebab sakit kepala, anda dapat mencegahnya sebelum terjadi. Berikut ini yaitu 9 faktor penyebab sakit kepala :

1. Stres

Beban pikiran yang terlalu banyak dan tidak pernah diluapkan, biasanya bisa jadi penyebab sakit kepala. Permasalahan yang terlalu banyak akan membuat pikiran menjadi stres dan akhirnya terjadi sakit kepala. Karenanya jika Anda mengalami stres sebaiknya segera segarkan pikiran agar sakit kepala tidak terjadi. Menghilangkan stres bisa dilakukan dengan cara rekreasi, berkumpul bersama orang tercinta, dan mengeluarkan unek-unek pada seseorang yang telah dipercaya.

2. Peredaran darah tidak lancar

Pembuluh darah akan mengalir terus-menerus dan mengalami penyaringan oksigen ataupun karbondioksida didalam jantung. Namun yang terjadi saat pembuluh darah tidak berjalan dengan lancar, tentunya akan membuat kondisi organ menjadi tidak lancar. Hal tersebutlah sebagai penyebab sakit kepala. Peredaran darah yang tidak lancar bisa disebabkan karena darah tersumbat oleh kolesterol, gula darah tinggi, dan darah yang menggumpal.

3. Tekanan darah tinggi

Untuk setiap orang yang memiliki riwayat mengalami tekanan darah tinggi, biasanya tidak jarang terkena sakit kepala. Tekanan darah yang tinggi akan menyebabkan jantung memompa darah terlalu keras, dan lalu menjadi penyebab sakit kepala. Oleh karena itu, untuk Anda yang mengalami tekanan darah tinggi, untuk lebih rajin jalankan gaya hidup sehat.

4. Penyakit dalam

Penyakit dalam yang dihadapi oleh seseorang bisa menjadi faktor penyebab sakit kepala. Penyakit dalam itu yaitu kanker otak, penyakit itu yang bisa menyebabkan seseorang sering sakit kepala. Jika Anda mengalami sakit kepala yang terus menerus, dan tidak sebagian sembuh sebaiknya segera periksakan ke dokter.

5. Demam

Saat demam seseorang terkadang juga dapat terkena sakit kepala. Ada beberapa orang saat demam kemudian sakit kepala, dan tidak jarang juga terjadi mimisan. Sakit kepala akan terjadi menjelang demam pada seseorang sembuh. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya untuk terus istirahat. Cara itu berguna menyembuhkan sakit kepala dengan cepat.

6. Kepala terbentur

Seseorang yang baru jatuh atau terbentur, mula-mulanya akan biasa saja dan tidak terjadi apa-apa. Namun tidak jarang tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala, dan terjadi dengan intensitas yang sering. sebaiknya Anda perlu waspada, mungkin saja saja sakit kepala itu terjadi karena Anda terjatuh ataupun terbentur. Benturan yang mengenai kepala mungkin mengakibatkan pembuluh darah pecah dan tersumbat, sehingga menjadi penyebab sakit kepala.

7. Tubuh yang lelah

Tidak ada waktu untuk istirahat dan bekerja terus-menerus akan membuat tubuh menjadi lelah. Hal itu apabila terus dibiarkan bisa menyebabkan sakit kepala atau pusing. Sebaiknya saat tubuh Anda mulai lelah, luangkan waktu untuk beristirahat. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari sakit kepala.

8. Wangi-wangian

Mencium bau wewangian yang tidak disukai, atau bau yang menyengat dapat menyebabkan sakit kepala. Wangi-wangian itu bisa ditemukan dari parfum, pelembut pakaian, bau bensin, cat, hair spray, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Permainan wahana ekstrim

Jika Anda menyukai menjajal wahana ekstrim, sakit kepala mungkin sudah tidak dirasakan. Tetapi untuk seseorang yang baru mencobanya, biasanya akan membuat kepalanya pusing dan berputar-putar. Hal itu bisa terjadi karena belum terbiasa dan karena rasa takut.

Itulah 9 faktor penyebab sering sakit kepala. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang membaanya.

Baca juga : 8 tips menghilangkan sakit kepala

Written by 

Related posts