Search

8 Manfaat Dari Konsumsi Kacang-Kacangan Bagi Kesehatan

Alikanews.com – Selama ini banyak orang yang menhindari kacang-kacangan. Padahal menurut Alan Christianson seorang dokter naturopathic dari Arizona seperti yang dituliskan dalam laman Huffingtonpost kacang-kacangan memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh.

Menurut dia, banyak orang yang membuat daftar panjang makanan yang perlu dihindari. Padahal justru dalam banyak kasus, semakin panjang daftar makanan yang dihindari justru akan menyebabkan kekurangan nutrisi, lemahnya fungsi pencernaan dan stres emosional. Kacang-kacangan berdasar pada hasil penelitian memiliki sejumlah manfaat.

Berikut 8 manfaat kacang-kacangan bago kesehatan :

1. Memperlambat Penuaan

Pernah mendengar anggur merah dan rahasia panjang umur di Perancis? Bahan yang ditemukan dalam anggur merah disebut resveratrol. Bahan ini diperkirakan melindungi DNA dari kerusakan yang menyebabkan penuaan. Beberapa kacang-kacangan mengandung resveratrol dalam jumlah yang sama dengan anggur merah. Ini bisa ditemukan pada kacang hitam dan lentil (miju-miju).

2. Mengandung Anti-oksidan yang Tinggi

Radikal bebas yang berlebihan bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, sistem kekebalan dan otak. Untuk menangkalnya maka kita sudah mengetahui fungsi dari anti-oksidan pada makanan semisal blueberry, teh hijau, kunyit danbuah delima. Ternyata kacang-kacangan mengandung anti-oksidan yang lebih baik dibanding makanan tersebut . Selain itu juga memiliki anti-oksidan unik yang bisa memblok enzym yang disebut α-glucosidase dan pancreatic lipase, yang bisa menyebatkan kenaikan berat tubuh dan diabetes. Kacang dengan anti-oksidan tertinggi ada pada kacang hijau dan kacang azuki (kacang merah).

3. Dapat Membantu Tekanan Darah Rendah

Lebih dari delapan penelitian sudah dilakukan secara cermat untuk melihat apakah penambahan kacang pada pola makan bisa meningkatkan tekanan darah. Semua penelitian menunjukkan kalau konsumsi kacang secara signifikan menurunkan tekanan darah systolic (angka atas) dan tekanan darah diastolic (angka bawah). Beberapa kacang yang bisa menopang dorongan darah rendah yaitu kacang pinto, kacang navy, northern beans, kacang polong serta kacang hitam.

4. Mencegah Kanker

Kanker adalah penyebab kematian tertinggi ke-2 untuk orang dewasa setelah jantung. Beberapa kanker yang biasanya terjadi pada orang dewasa diantaranya kanker payudara, hati, usus, prostat dan lambung. Berdasar pada penelitian tidak hanya kacang-kacangan yang bisa mencegah kanker namun juga ekstrak kacang yang disebut IP6 yang dalam penelitian dianggap dapat menjadi obat untuk melawan kanker.

5. Menurunkan Kolesterol

Beri tambahan sedikit kacang dalam porsi makan tiap-tiap hari bisa menurunkan LDL-C yang berbahaya yang cukup untuk menurunkan resiko serangan jantung sampai 25%.

6. Bisa Mengurangi Ngidam

Pernahkah anda mengidam-idamkan makan permen atau snack? Konsumsi kacang dipercaya dapat mengurangi rasa ingin ngemil sehingga Anda dapat memilih makanan yang lebih sehat.

7. Meningkatkan Energi dan Membantu Kelebihan Berat Tubuh

Dalam sebuah penelitian terbaru, 35 pria dengan kelebihan berat tubuh secara acak diminta untuk mengikuti berbagai pola diet, salah satu dengan kacang yang tinggi. Setelah delapan minggu mereka kembali dicek meliputi berat tubuh mereka, komposisi tubuh, kadar kolesterol dan tingkat metabolisme. Hasilnya kelompok pada diet tinggi kacang melihat perbaikan kesehatan, pengurangan lemak, kolesterol turun, menurunkan tekanan darah dan tingkat energi yang lebih baik.

8. Baik Untuk Usus

Manfaat dari bakteri baik di dalam usus sudah banyak di ketahui orang misalnya untuk kekebalan tubuh, perbaikan kulit dan pencernaan. Organisme ini membantu karena menghasilkan lemak rantai pendek yang menyembuhkan lapisan usus danmenurunkan risiko kanker kolorektal. Dalam jumlah kecil ditemukan pada mentega dan kelapa. Tetapi dalam jumlah besar justru ditemukan pada kacang-kacangan. Karenanya cara termudah untuk menjaga bakteri baik dalam usus yaitu mengkomsumsi kacang-kacangan secara teratur.

Demikianlah 8 manfaat dari konsumsi kacang-kacangan bagi kesehatan. Semoga informasi ini bsbia berguna bagi anda ya.

Baca juga :

Written by 

Related posts