Search

China Minta Warganya Tak Nyalakan Kembang Api saat Imlek

Alikanews.com – Pemerintah Beijing meminta warganya tak menyalakan kembang api di perayaan tahun baru Imlek. Hal semacam itu ditujukan untuk mencegah semakin parahnya krisis kabut asap di China.

Pesta kembang api adalah tradisi rutin yang digelar di China dalam merayakan Imlek. Ratusan hingga ribuan kembang api biasanya akan dinyalakan sebagai simbol pembawa keberuntungan sekaligus mempunyai tujuan mengusir roh jahat.

Seperti dinukil dari Asia Correspondent, Jumat (27/1/2017), perayaan kembang api tahun ini di khawatirkan akan  semakin mempertebal kabut asap. Oleh karenanya, pejabat Beijing diminta tak menyalakan kembang api, dan tindakan itu ditujukan untuk memberikan contoh pada masyarakat.

“Para pejabat harus secara proaktif membimbing anggota keluarga, teman, maupun kerabat untuk tak menyalakan kembang api dalam usaha meningkatkan kembali kualitas udara di China,” kata salah satu pejabat Beijing yang tidak disebutkan namanya.

Lalu pemerintah juga sudah membatasi penjualan kembang api di Beijing. Tidak cuma Beijing, provinsi lain di China ikut memberikan instruksi hal yang sama. Contohnya Provinsi Henan yang melarang penggunaan kembang api di wilayahnya.

Sementara Kota Baoding mengancam akan menahan warganya yang berani menyalakan kembang api.

Tahun ini China menyambut Imlek dengan dirundung krisis kabut asap. Kabut asap di China sudah mencemari udara, tanah, serta air hingga menyulitkan kehidupan keseharian masyarakat.

Bersamaan pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat , sekarang China sudah memasuki tahun ketiganya dalam perang melawan polusi kabut asap. Hal semacam itu akibat meningkatnya jumlah pabrik serta kendaraan bermotor.

Sebelumnya, Wali Kota Beijing Cai Qi membentuk pasukan khusus untuk mengatasi kasus pembakaran ilegal dari sektor industri yang diduga berkontribusi menyebabkan kabut asap.

Selain dari industri, sekira 300 ribu kendaraan akan dibatasi untuk memasuki wilayah ibu kota Negeri Tirai Bambu itu pada Februari 2017. Kendaraan bermotor juga dianggap sebagai salah satu penyumbang polusi asap yang paling tinggi.

Written by 

Related posts