Search

Inilah Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Alikanews.com – Asam jawa, bila dilihat dari namanya mungkin banyak orang yang mengira kalau buah yang satu ini berasal dari tanah jawa. Asam Jawa atau dalam bhs latinnya bernama “Tamarindus indica L” adalah tanaman yang diperkirakan berasal dari dataran Afrika.

Buah yang rasanya masam ini Biasa diperlukan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan, misalnya pada sayur asam atau kadang-kadang kuah pempek.

Asam jawa dihasilkan oleh pohon yang bernama ilmiah Tamarindus indica, termasuk juga kedalam suku Fabaceae (Leguminosae). Tumbuhan ini yaitu satu-satunya anggota marga Tamarindus. Nama lain asam jawa yaitu asam (Mly.), asem (Jw., Sd.), acem (Md.), dan lain-lain.

Berikut Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Asam Jawa Untuk Bisul

Gunakan Asam kawak (daging buah asam matang yang telah di proses dan warnanya hitam bukan cokelat) sebanyak lima gr, lalu tambahkan daun bayam duri dan daun kangkung masing-masing 10 gr, lalu di tambah lagi sedikit garam. kemudian Daun bayam dan kangkung ditumbuk halus, seteleh itu di campur dengan asam serta diberi sedikit garam dapur. selanjutnya Ditempelkan pada bisul sampai seluruh permukaannya tertutup semua. Jika telah kering, ganti lagi dengan yang baru. Dengan cara ini, dalam waktu singkat bisul akan matang dan pecah.

2. Asam Jawa Untuk Sariawan

Gunakan Satu cangkir daun asam muda dicuci bersih, sepotong kunyit lima cm diiris tipis. Rebus dengan empat gelas air sampai tinggal setengahnya. Agar berasa agak enak, berikan gula aren saat merebus. Saring. Minum setiap pagi dan sore. Ulangilah selama beberapa hari.

3. Asam Jawa Untuk Nyeri Haid

Ambil 1 genggam daun asam muda dicampur dengan dua jari kunyit dan 1/2 gelas air masak, lalu ditumbuk halus. Kemudian Tumbukan ditambah air secukupnya lalu disaring dan diminum.

4. Asam Jawa Untuk Pencegah Kolesterol Tinggi

Gunakan 150-200 gr daun asam jawa, lau ditumbuk halus. Lalu Berikan segelas (220 ml) air matang panas. Lalu saring dan minum sampai habis. Lakukan sehari 3 kali.

5. Asam Jawa Untuk Menurunkan Demam Bayi

Gunakan Asam kawak dan kunyit masing-masing satu ibu jari, lalu ditambah daun melati muda lima lembar, kemudian daun bawang dua tangkai. Setelah dicuci, tumbuk semua bahan tersebut sampai halus. Tempelkan di ubun-ubun bayi.

6. Asam Jawa Untuk Demam setelah Nifas

Gunakan Asam kawak satu jari, lalu gula aren secukupnya. Kemudian Asam dan gula aren diseduh dengan air panas dalam gelas. Minum 2 x masing-masing satu gelas sampai beberapa hari.

7. Asam Jawa Untuk Ambeien

Gunakan Asam kawak satu gr, lalu daun keji beling dan meniran masing-masing enam gr, lalu temulawak tiga gr. Setelah dibersihkan, lalu rebus dengan seliter air, dan biarkan sampai menjadi setengahnya. lakukan dan minum tiga kali sehari.

8. Asam Jawa Untuk Darah Rendah

Gunakan Asam kawak lima gram, lalu bayam 250 gram, lalu gula aren 10 gram, bawang merah 50 gram, tambahkan juga cabai 15 gram, garam dapur tujuh gram. Kemudian Bayam di rebus, jangan terlalu masak. Semua bahan yang lain ditumbuk jadi satu jadi sambal. lalu Nasi beras merah, bayam, dan sambal digunakan sebagai santapan makan siang. Lakukan sehari-hari sebagai lauk pauk.

9. Asam Jawa Untuk Difteri

Ambil Asam jawa, lobak, lalu bawang merah, kencur masing-masing lima gram, berikan juga daun pepaya 10 gram. Selain asam, semua bahan ditumbuk di beri air kemudian diperas airnya. Lalu Tambahkan asam. Setelah itu Seduh dengan air panas. Aduk sampai rata. Selagi masih hangat, gunakan untuk kumur. Lakukan tiga kali sehari.

10. Asam Jawa Untuk Disentri

Gunakan Asam kawak lima gr, kunyit dan temulawak masing-masing 10 gr, madu murni satu sendok makan. Asam kawak, kunyit, dan temulawak ditumbuk jadi satu, beri air panas satu cangkir, peras, lalu saring. Tuangkan madu kedalam perasan itu, aduk rata. Diminum juga pada pagi hari.

11. Asam Jawa Untuk Eksim

Gunakan Asam jawa segenggam, lalu umbi temu lawak satu buah, masukkan juga gula aren satu potong. selanjutnya Umbi temulawak ditumbuk, setelah itu campur dengan asam dan gula. Rebus dengan dua gelas air sampai tersisa setengahnya. Minum sekali sehari. Lakukan dua hari sekali.

12. Mencerahkan Kulit

Buah asam bisa diperlukan sebagai lulur yang bermanfaat mencerahkan warna kulit Anda. melalui cara larutkan daging buah asam jawa ke air hangat, lalu berikan tambahan bubuk kunyit sedikit. Gunakan air asam itu untuk luluran dengan digosok-gosok perlahan di permukaan kulit, dan diamkan sampai meresap. Bilas sampai bersih. Kulit akan terlihat lebih bersih dan cerah.

13. Sel Kulit Mati

Pada buah ini ada kandungan AHA (Alpha Hydroxy Acids), yang dapat membantu mengangkat kulit mati Anda. dengan cara, ambil daging buah asam, campur dengan sedikit garam dan yogurt. Gunakan sebagai masker di kulit sambil dipijat perlahan agar sel kulit mati terangkat. Diamkan sejenak dan bilas sampai bersih.

14. Selulit

Selulit di permukaan kulit sangat mengganggu. Karenanya hilangkan dengan campuran asam jawa yang di beri gula pasir, baking soda sedikit, dan air lemon. Campuran ini lalu gunakan sebagai masker di permukaan kulit yang berselulit. Pijat dengan gerakan melingkar saat mengoleskannya. Lalu diamkan sejenak dan bersihkan dengan air bersih.

15. Untuk Mengobati Jerawat

Gunakan 12 lembar daun sambiloto, 10 irislah temulawak, 5 cm kencur, 1 sendok teh adas, dan 10 lembar daun jintan, semua bahan dicuci. Asam kawak sebesar ibu jari orang dewasa. Selanjutnya Semua bahan ditumbuk sampai halus, dan tambahkan asam kawak. Seduh dengan 2 gelas air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum 3 kali sehari.

Nah, itulah manfaat asam jawa untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasinya yang kami berikan ini bisa berguna ya.

Written by 

Related posts