Search

Manfaat Keju Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Alikanews.com – Keju adalah salah satu makanan hasil pengentalan susu sapi. Adapula yang menggunakan susu domba, unta, kambing dan sebagainya. Penggunaan susu yang berbeda akan menghasilkan jenis keju yang berbeda juga. Namun yang paling umum keju sangat kaya akan kalsium, fosfor, zink, vitamin A, riboflavin, dan vitamin B12.

Oleh karenanya masyarakat sering mengonsumsi bahan makanan yang satu ini sebagai asupan gizi mereka. Entah dikonsumsi langsung atau jadi gabungan untuk membuat makanan. Sebagaimana kue tart, nastar, pizza, roti isi, dan lain-lain. Dan keju sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak. Selain karena kandungan gizinya, keju juga mempunyai rasa yang begitu nikmat.

Berikut manfaat keju bagi kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Membuat tulang kuat

Keju kaya akan kalsium karena bahan utama pembuatnya yaitu susu. Jadi jika Anda mengonsumsi keju, maka ini bisa jadi tambahan asupan kalsium untuk Anda sehingga tulang pun makin kuat. Untuk yang sedang hamil, menyusui, atau patah tulang, konsumsi saja keju yang banyak.

2. Menyehatkan gigi

Kalsium didalam keju selain baik untuk kesehatan tulang juga baik untuk kesehatan gigi. Tidak hanya mampu memperkuat gigi, tetapi keju dapat juga mencegah gigi berlubang yang disebabkan oleh plak dan asam yang di produksi di mulut.

3. Mencegah kanker

Keju mengandung asam linoleat dan sphingolipids yang membantu untuk mencegah kanker. Kandungan vitamin B di dalamnya dapat juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan berat tubuh

Bila Anda bertubuh kurus dan ingin meningkatkan berat tubuh dengan cara yang sehat, konsumsilah keju. Sebab keju mengandung beberapa lemak sehat selain kalsium, protein, vitamin, dan mineral yang membantu menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh.

5. Menurunkan berat tubuh

Anda bisa saja tidak menyangka kalau makan keju bisa menurunkan berat tubuh Anda. Hal semacam ini disebabkan karena keju tinggi akan protein yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu penyerapan karbohidrat dalam makanan. Keju juga membantu untuk menyeimbangkan kadar gula darah Anda dan meningkatkan suasana hati Anda.

6. Membantu PMS dan kehamilan

Keju membantu untuk mengelola gejala PMS pada wanita. Keju juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab kalsium di didalamnya baik untuk menyehatkan tulang bayi dan merangsang kontraksi selama persalinan. Untuk ibu menyusui, keju membantu untuk memperlancar ASI.

7. Menyehatkan kulit, rambut, dan kuku

Vitamin B dan seng yang ditemukan didalam keju bermanfaat untuk membuat kulit Anda halus, sehat, dan bersinar. Sebab vitamin B merangsang pertumbuhan sel kulit yang membuat kulit Anda jadi lebih segar.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Keju mengandung tryptophan, asam amino yang membantu menurunkan kadar stres Anda dan membuat Anda tidur dengan nyenyak.

Demikianlah manfaat keju bagi kesehata yang perlu anda ketahui. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Written by 

Related posts