Search

5 Cara Mencegah Radang Amandel Yang Dapat Anda Terapkan

Alikanews.com – Radang amandel adalah penyakit infeksi pada amandel serinkali mengakibatkan sakit pada tenggorokan dan di sertai demam. Secara medis peradangan ini ada yang akut, yang ditandai dengan rasa nyeri saat menelan (odinofagi), dan tidak jarang akan disertai badan demam. Sementara yang telah mengidap penyakit ini menahun biasanya tidak terasa nyeri saat menelan, namun bila ukurannya sudah cukup besar maka akan mengalami kesulitan ketika menelan.

Nah, berikut 5 cara mencegah radang amandel yang dapat anda terapkan :

1. Rajin Berolahraga

Dengan rajin olahraga maka daya tahan badan akan bertambah. Dan jika daya tahan badan bertambah automatis akan mencegah virus serta kuman yang akan menyerang serta menginfeksi badan kita, termasuk juga virus serta kuman yang akan menyebabkan peradangan amandel.

Olahraga yang baik dan yang di sarankan oleh dokter dokter yaitu berjalan selama lebih kurang 30 menit setiap hari. Terlebih, olahraga lain yang juga menyertakan aktivitas fisik juga sangat disarankan.

2. Mencukupi Asupan Makanan Bergizi

Gizi seimbang akan baik untuk badan kita dalam sehari-hari untuk itu di anjurkan memenuhi asupan gizi tersebut, Seperti : protein, lemak, sesuai jumlah karbohidrat, vitamin dan mineral, bisa meningkatkan daya tahan badan.

Dan melengkapinya dengan makanan mengandung antioksidannya tinggi sebagaimana : wortel, jambu, jeruk, dan lain-lain, lantaran makanan itu bisa berperan mencegah dari penularan beragam jenis penyakit.

Namun sebaliknya perlu diperhatikan juga, bila pola makan yang kurang tepat (buruk) makan malah akan menyebabkan daya tahan badan semakin menurun, sehingga sangat mudah untuk terinfeksi beragam jenis penyakit.

3. Berhenti Merokok

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi kalau merokok bisa merugikan kesehatan tetapi masih banyak orang yang belum menyerah. Padahal secara tidak langsung, asap rokok yang memiliki kandungan oksidan yang tinggi bisa menurunkan kekebalan badan, sehingga amandel begitu rawan terkena peradangan.

Meskipun kita bukan perokok aktif upayakan untuk menjauhi asap roko lantaran efeknya juga akan sama buruknya seperti perokok aktif.

4. Rajin Mencuci Tangan Sebelum Dan Sesudah Makan

Upayakan rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan untuk menghindari penularan beragam penyakit infeksi, termasuk juga infeksi pernapasan atas sampai 45%. Mencuci tangan yang sangat disarankan yaitu cara cuci tangan enam langkah WHO.

5. Gunakan Masker

Gunakan masker pada saat ada di lingkungan orang yang sedang terjangkit penyakit influenza, demam, dan/atau orang yang sudah positif mengalami radang amandel. Radang amandel juga bisa menular lewat air liur dan uap napas pengidap penyakit peradangan amandel.

Catatan!!
Perlu di ketahui. Bila tengah terserang radang amandel, Upayakan istirahat cukup, perbanyak asupan air mineral hangat dan penuhi kebutuhan makanan bergizi atau makan yang memiliki gizi seimbang, dan segera periksakan atau konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Semoga infonya bermanfaat.

Written by 

Related posts