Search

9 Jenis Makanan Sehat Pengganti Nasi Untuk Program Diet

Alikanews.com – Nasi adalah sumber makanan pokok utama yang dibutuhkan oleh badan kita lantaran nasi adalah sumber energi yang utama. Akan tetapi tidak semua orang bisa menikmati nasi sebagai makanan utama lantaran mungkin saja sedang menjalankan program dietnya. Namun jangan khawatir lantaran masih banyak bahan makanan pokok pengganti nasi lainya. Simak berikut ini adalah 9 jenis makanan sehat pengganti nasi yang baik untuk program diet :

1. Ubi Jalar

Salah satu bahan makanan pengganti nasi yaitu ubi jalar lantaran dalam ubi jalar mengandung vitamin A serta vitamin C yang cukup tinggi dan di butuhkan oleh badan. Jika kita mengonsumsi ubi jalar, maka akan terhindar dari jenis penyakit mata dan sariawan. Ubi jalar juga kaya akan serat yang cukup tinggi sehingga bisa di jadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi serta sebagai solusi untuk program diet sehat.

2. Kentang

Siapa yang tidak kenal dengan bahan makanan yang satu ini. Ini cukup familier dan gampang dicari. Di dalam kentang ada kandungan GI kentang yang lumayan tinggi, untuk itu sebaiknya dalam mengkonsumsi kentang terlebih dulu salah satunya dengan cara di kukus/rebus.
Didalam kentang ada kalori yang lebih sedikit di bandingkan dengan nasi, selain itu kentang mengandung cukup banyak nutrisi dan serat yang di butuhkan badan kita dan baik untuk pencernaan.

3. Jagung

Jagung juga adalah salah satu makanan pengganti nasi lantaran rasa manis didalam jagung berasal dari fruktosa, yakni gula buah yang baik serta aman dikonsumsi oleh badan, terutama untuk mereka yang menderita penyakit gula darah. Fruktosa sangat mudah keluar dari badan melalui urin sehingga gula tidak terserap dalam badan.
Kandungan zat Glycemic Index jagung termasuk juga zat yang rendah pada 55-60. Selain ada kalori, saat kita konsumsi jagung, badan kita akan mendapat umpan balik sebagaimana : anti-oksidan, serat, dan mineral yang baik untuk badan.

4. Sukun

Buah sukun meski dikenal tergolong dalam tanaman buah akan tetapai tanaman ini adalah sumber karbohidrat cukup tinggi pengganti nasi. Dan bila dibanding dengan bahan makanan lainya sebagaimana ; ubi jalar dan kentang, buah sukun ini memiliki kandungan karbohidrat dan proten yang lebih tinggi.

Buah sukun juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup komplit serta GI yang rendah sehingga bisa bermanfaat untuk membantu dalam mengendalikan kadar gula darah pada badan dan baik untuk di jadikan pendukung program diet sehat.

5. Singkong

Pada zaman dulu sebelum masyarakat Negara Indonesia tau dan mengerti dalam menanam padi masyarakat ini memakai singkong untuk di konsumsi setiap hari untuk penggati nasi dan di jadikan beragam olahan makanan. Singkong adalah ubi kayu yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk pencernaan, Hal lain singkong dikenal sebagai sumber karbohidrat sehat serta baik untuk badan.

6. Talas

Tumbuhan talas ada kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Selain itu, serat dalamnya juga mampu memenuhi kebutuhan konsumsi serat harian kita. Selain itu, bila talas di konsumsi secara teratur dapat juga mencegah kemungkinan gangguan jantung serta tekanan darah tinggi.

7. Gembili

Saat ini keberadaan tanaman ini sudah cukup langka lantaran harus di butuhkan keterampilan khusus dalam mengolahnya, Bila salah dalam melakukan pengolahan untuk di makan maka akan menghasilkan rasa gatal di mulut. Penampilan buahnya serupa dengan talas, tetapi gembili sedikit lebih kecil, Di dalam gembili ada karbohidrat serta priten yang tinggi sehingga mudah dicerna badan.

8. Kembang Kol

Satu diantara makanan pokok pengganti nasi yang tengah populer belakangan ini. Kembang kol adalah sumber protein yang jumlah lemak jenuhnya sangat rendah, dan ada kandungan asam omega-3 yang bermanfaat untuk badan.

9. Lobak Putih

Mungkin saja sebagian orang masih bingung serta belum tahu tanaman jenis ini lantaran masih sangat jarang di budidayakan. Padahal tanaman ini dapat juga di jadikan sebagai makanan penggati nasi.

Nah, itulah 9 jenis makanan sehat pengganti nasi untuk program diet anda. Semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Baca juga : 5 rahasia sehat diet tetap bertenaga meskipun beraktivitas padat

Written by 

Related posts