Search

Hungaroring Ingin Menggelar Balapan MotoGP

Alikanews.com – Sirkuit Hungaroring di Hongaria igin menjadi tuan rumah balapan MotoGP. Untuk mewujudkan ambisi itu, pihak pengelola akan melakukan modernisasi sirkuit.

Hungaroring telah menggelar balapan Formula 1 GP Hongaria sejak sirkuit itu di buka pada 1986. Pada tahun lalu, sirkuit tersebut memperpanjang kontraknya hingga akan masuk kalender F1 paling tidak sampai 2026.

Kedepannya, Hungaroring juga menginginkan masuk kedalam kalender MotoGP mulai tahun 2018 yang akan datang. Pihak pengelola sirkuit sudah menyusun rencana untuk mewujudkan misi itu.

Hungaroring tahun lalu diaspal ulang untuk pertama kalinya sejak dibangun pada 1985 serta diberi kerb baru. Pada tahun ini, program modernisasi sirkuit akan dibagi kedalam tiga step, termasuk juga modifikasi beberapa tikungan serta area untuk melebar, pembangunan bangunan pit utama dan grandstand baru, museum, pusat pengunjung, serta fasilitas untuk layanan lainnya.

Beragam perubahan itu ditujukan supaya Hungaroring penuhi standar untuk menggelar balapan MotoGP sesuai ketentuan dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

“Selama proses konstruksi, kami akan bicara dengan FIM supaya trek ini dapat digunakan untuk balapan MotoGP,” kata CEO Hungaroring, Zsolt Gyulay, sebagaimana dilansir Motorsport. com.

“Saat kami dalam proses perencanaan, dan bila ada tekad dari semua pihak, kami harus membuat Hungaroring sebagai trek yang dapat digunakan untuk balap motor, khususnya dengan perubahan tikungan serta area untuk melebar,” tambah Gyulay.

“(Untuk mempunyai balapan MotoGP) Pemerintah Hongaria mesti turut terlibat, dan kami yakin mereka bersedia,” ujarnya.

Balapan MotoGP sempat direncanakan untuk digelar di Hongaria pada 2009, tepatnya di Balatonring. Tetapi, rencana tersebut terkendala permasalahan finansial dan Balatonring tidak pernah selesai dibangun.

Written by 

Related posts