Search

Australia Buru Pelaku Pengibar Bendera OPM

Alikanews.com – Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menyayangkan peristiwa pengibaran bendera bintang kejora di KJRI Melbourne. Diduga peristiwa ini dikerjakan simpatisan atau anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Menurut Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, peristiwa itu telah dibahas secara spesifik oleh Bishop dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Sabtu pagi ini Menlu RI juga telah berkomunikasi dengan Menlu Australia untuk mengutamakan kewajiban Australia sesuai konvensi Wina, ” kata pria yang sering disapa Tata ini.

Tata menerangkan dalam perbincangan tersebut Bishop menyampaikan beberapa janji pada Retno. Satu diantaranya masalah pengetatan keamanan.

“Menlu Australia mengemukakan keprihatinan atas peristiwa itu serta menyampaikan bahwa peningkatan keamanan akan dilakukan diseluruh kantor diplomatik dan konsuler Indonesia, ” katanya.

Bukan hanya itu, Bishop memastikan Australia selalu memburu pelaku pengibaran bendera yang hingga saat ini belum tertangkap.

” (Australia) Pemerintah Australia berkomitmen untuk tangkap pelakunya, ” imbuhnya.

Sebelumnya Tata berujar, peristiwa tersebut berlangsung Jumat 6 Januari 2016 siang waktu setempat. Saat itu, kondisi kantor KJRI tidak begitu ramai.

” Aksi kriminil itu berlangsung pada Jumat jam 12. 52 siang, saat sebagian besar staff KJRI tengah melakukan Ibadah Shalat Jumat, ” sebut dia.

” Pelaku menerobos halaman gedung apartemen tetangga KJRI sebelum memanjat pagar tembok KJRI yang tingginya lebih dari 2, 5 meter,” tambah Tata.

 

Written by 

Related posts