Search

Bahaya Bagi Perokok dan Yang Terkena Asap Rokok

AlikaNews.Com – Hmm.. Sayangnya jumlah orang yang merokok bukannya malah berkurang tapi makin bertambah. Tanpa mereka sadari selain membahayakan diri sendiri rokok juga membahayakan kesehatan orang yang berada di sekitarnya, karena asap rokok akan terhirup oleh orang yang sedang berada di dekat perokok tsb.

Dan yang lebih miris lagi, sebenarnya si perokok itu juga sudah tau bahwa rokok itu berbahaya tapi hanya cuek tak peduli.Berikut penyakit yang akan didapat oleh perokok aktif maupun pasif :

1. penyakit Paru

Bahaya merokok bisa mengakibatkan pergantian susunan serta manfaat saluran nafas serta jaringan paru-paru. Pada saluran napas besar, sel mukosa jadi membesar, serta kelenjar mukus jadi tambah banyak (hiperplasia). Pada saluran napas kecil, berlangsung radang enteng, sampai penyempitan akibat menambahnya sel serta penimbunan lendir. Pada jaringan paru-paru, berlangsung peningkatan juAmlah sel radang serta rusaknya alveoli (cabang dari paru).

2. Penyakit Jantung Koroner

Satu penyakit yang berlangsung saat ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Penyebabnya paling utama dari jantung koroner yaitu nikotin serta karbon monoksida. Bahaya asap rokok ini bisa mengganggu irama jantung serta mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah jantung, sementara karbon monoksida, bisa mengakibatkan supply oksigen pada jantung menyusut lantaran berikatan dengan Hb Darah.

3. Impotensi

Tjokronegoro, seseorang spesialis andrologi UI membeberkan kalau nikotin yang dibawa oleh darah bakal menebar ke semua organ badan, termasuk juga organ reproduksi. Zat ini bakal mengganggu sistem spermatogenesis, hingga kualitas sperma jadi jelek. Lainnya mengakibatkan kerusakan kualitas sperma, rokok juga jadi aspek kemungkinan masalah manfaat seksual khususnya, masalah disfungsi ereksi (DE).

4. Kanker Mulut, Kerongkongan serta Usus

Kanker mulut, serta bibir ini dapat juga karena sebab panas dari asap rokok. Sementara untuk kanker kerongkongan, diperoleh data kalau pada perokok peluang terjadinya kanker kerongkongan serta usus yaitu 5 – 10 kali semakin banyak dari pada bukanlah perokok.

5. Mengakibatkan kerusakan Otak

Sama seperti dengan Jantung, efek rokok pada otak yaitu ada penyumbatan serta penyempitan pada pembuluh darah otak yang disebabkan lantaran dampak nikotin pada pembuluh darah. Bahaya asap rokok yang memiliki kandungan nikotin, bakal mengganggu supply oksigen pada semua syaraf pada organ badan.

6. Peyakit Katarak

Rokok bisa mengakibatkan penyakit katarak hingga pada kebutaan. Kemungkinan pada perokok tiga kali lebih tinggi di banding bukanlah perokok.

7. Gigi

Asap rokok menjadikan beberapa perokok, kemungkinan mengalami Periodontitis (Gusi terbakar yang bakal menghadap ke infeksi serta mengakibatkan kerusakan jaringan halus serta tulang) sebesar 10 kali lebih tinggi.

8. Penyakit Asma

Studi di Finlandia memberikan kalau perokok pasif (yang hirup asap rokok), menyumbang munculnya penyakit asma pada orang dewasa. Serta di Inggris, studi yang dikerjakan National Asma Campaign memberikan kalau 80% rokok menyebabkan penyebabnya asma.

9. Kanker Perut serta Lambung

Penyakit akibat merokok yang menyerang perut yaitu kanker perut serta lambung. Riset memberikan kalau tingkat kemungkinan kanker perut berbanding lurus dengan jumlah serta lama merokok.

10. Masalah Kehamilan

Merokok pada ketika kehamilan bisa mengakibatkan masalah pada perubahan janin. Baginya WHO terdaftar pada tahun 2008 ada 45% wanita merokok serta 27% wanita hamil merokok. Pada ibu hamil yang merokok bisa menyebabkan komplikasi kehamilan sebagaimana lahir sebelumnya waktunya (Prematur), berat tubuh lahir kurang, mortalitas perinatal, serta masalah perubahan janin.

Lainnya itu asap rokok dapat juga mengakibatkan keguguran, masalah tumbuh kembang anak lantaran masalah supply oksigen serta pernafasan pada janin. Bila ibu merokok 10 batang /hari bakal mengakibatkan anak mengalami tanda-tanda asma 2 kali lebih tinggi.

Written by 

Related posts