Search

Para Polisi India Dituduh Memperkosa Banyak Wanita saat Perangi Komunis

Alikanews.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (NHRC) India menuduh para polisi memperkosa sekitar 16 wanita selama operasi memerangi pemberontak komunis di negara bagian Chhattisgarh. Komisi menekan pihak berwenang untuk menangkap para polisi yang terlibat penyerangan seksual.

Pihak pengacara korban mengecam otoritas setempat yang dianggap lamban dalam menangkap para pelaku. Masalah pemerkosaan massal ini disibak NHRC pada hari Minggu.

Menurut laporan NHRC sekitar 16 korban mengalami tindak pemerkosaan serta kekerasan fisik setelah para polisi menyerang beberapa desa di distrik Bijapur di negara bagian Chhattisgarh, India tengah, selama operasi melawan pemberontak Komunis pada Oktober 2015. Chhattisgarh berjarak sekitar 1. 200 km dari sebelah tenggara Ibu Kota New Delhi.

”Prima-facie, hak asasi manusia dari korban sudah dilanggar oleh aparat keamanan dari pemerintah Chhattisgarh, dimana pemerintah negara bagian bertanggungjawab, ” ujar NHRC dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dilansir Al Jazeera, Senin (9/1/2017).

NHRC melanjutkan, dalam proses pemeriksaan saksi, ada lebih dari 20 korban yang diduga mengalami serangan seksual dalam insiden itu.

Pemerintah India sudah berjuang melawan ribuan pemberontak komunis bersenjata yang dianggap telah melewati “garis merah” di beberapa daerah yang kaya sumber daya alam di India tengah. Sebagian wilayah yang jadi tempat operasi polisi itu dihuni kelompok suku yang kurang mampu.

Laporan lain dari sejumlah media setempat berujar para polisi sudah memperkosa sekitar 40 wanita di lima desa. Mereka juga menghancurkan dan menjarah beberapa rumah selama operasi anti-Maois. Diantara para korban dilaporkan ada yang berusia 14 tahun dan ada pula yang sedang hamil.

Written by 

Related posts