Search

Tips Efektif Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Sehat

Alikanews.com – Mata adalah organ penglihatan yang begitu penting untuk kita dari anugrah Tuhan Yang Maha Esa. Sulit memang menjaga mata kita untuk tetap sehat sesuai standar dokter dan lain-lain. Lantaran sifat kita sebagai manusia yang tidak cepat puas akan duniawi ๐Ÿ˜€ Contoh nonton TV, bermain video game, Hand Phone Dan lain-lain.

Berikut beberapa tips efektif untuk menjaga kesehatan mata ย agar tetap sehat :

1. Jaga Jarak Pandang Terhadap Media Elektronik

Menghindari jarak yang terlalu dekat saat menonton tv, membaca buku, atau memainkan video game. Untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari mata minus, maka kita mesti mengatur posisi supaya tidak terlalu dekat dengan objek yang kita lihat ini, lantaran hal semacam ini membuat mata menjadi tegang dan penat.

2. Menghindari Kucek Mata

Menghindari mengucek mata secara kasar dan berlebihan. Saat mata terasa gatal atau kemasukan benda asing, bilaslah dengan air bersih, lalu gosok secara hati-hati, jangan terlalu kasar lalu berlebihan.

3. Menghindari Paparan Debu Dan Polusi

Saat bekerja diluar ruang, seharusnya menggunakan pelindung mata sebagaimana kacamata dan helm yang berkaca. Hindari debu yang masuk ke mata sebab dapat membuat mata mendapatkan iritasi hingga infeksi.

4. Mengkonsumsi Vitamin A

Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan vitamin A. Sebagaimana : Wortel, alpukat, tomat, pepaya lalu labu kuning adalah sayur dan buah yang teliti sekali untuk menjaga kesehatan mata. Sejumlah makanan ini memiliki kandungan senyawa beta karoten, yakni suatu karotenoid yang bisa membantu menjaga mata agar tetap sehat.

5. Mengonsumsi Sayuran Berdaun Hijau Tua

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua seperti : Bayam, brokoli atau sayuran berdaun hijau lainnya berisi lutein dan zeaxanthin, adalah karotenoid yang telah didapatkan bisa mengurangi resiko berkembangnya penyakit katarak pada mata dan penurunan penglihatan dikarenakan gangguan di pusat retina.

6. Mengonsumsi Antioksidan

Buah berry, jeruk, plum serta ceri memiliki kandungan anti-oksidan yang membantu meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas (seperti dari cahaya matahari dan polusi), dan memangkas risiko pengerasan pada lensa mata supaya tidak akhirnya menjadi katarak.

7. Mengonsumsi Asam Lemak Omega 3

Mengonsumsi asam lemak omega 3 Ikan salmon dan tuna memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sudah terbukti dapat melindungi saluran air mata lalu lensa, sehingga meminimalkan mata kering dan mencegah proeses katarak.

8. Mengkonsumsi Multivitamin

Riset sudah menunjukkan kalau supplement B6, B12, C, Electronic, beta karoten dan nutrient seperti tembaga dan seng dapat memperlambat perkembangan penurunan penglihatan yang disebabkan dengan gangguan di pusat retina dan katarak.

9. Menjauhi Paparan Sinar Ultraviolet (UV)

Sinar UV yaitu diantara penyebab paling utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan dalam pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap di saat ada diluar ruang dapat menyaring sinar UV sampai 100 %. Selain dengan kacamata menjauhkan paparan sinar UV juga dapat dilakukan dengan memakai topi.

10. Memeriksa Mata Secara Rutin

Tidak memandang umur, memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya harus dilakukan setiap 2 tahun sekali agar penglihatan sering sehat dan terlindungi, malahan orang dewasa yang tua kurang lebih 40 tahun disarankan untuk memeriksakan mata setiap 1 tahun 1x. Hal semacam ini begitu membantu untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan umur, seperti glaukoma kemudian katarak.

Demikianlah tips efektif menjaga kesehatan mata agar tetap sehat. Selamat mencoba dan semoga informasinya bsia berguna. Jangan lupa baca juga : 9 cara mudah mengobati mata rabun

Written by 

Related posts